KPPAS Minta Bupati Aceh Singkil Segera Lelang Jabatan Sekda

0
263

Menyusul Aturan UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN

ACEH SINGKIL – Masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Singkil, yang saat ini dijabat oleh Drs. Azmi, seharusnya sudah berakhir pada tahun 2018 lalu. 

Menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), disebutkan bahwa masa jabatan sekretaris daerah hanya 5 tahun.

Ketua Komunitas Peduli Pembangunan Aceh Singkil (LSM-KPPAS), Salomo Pasaribu mengatakan, jika sekda tidak diganti maka karir pejabat yang ada di bawahnya akan terhambat. Padahal ada pejabat di Aceh Singkil yang kinerjanya sangat bagus tapi terhambat untuk naik kejenjang yang lebih tinggi.

“Saya lihat ada pejabat yang kinerjanya menurut saya cukup bagus, tapi karirnya terhambat dan mentok sampai disitu. Padahal jika bupati melakukan lelang jabatan sekda, tidak menutup kemungkinan pejabat tersebut akan mendapat peluang untuk menduduki jabatan sekda,” kata Salomo kepada sumateranews.co.id, melalui tulisan persnya, Sabtu (21/8/2021).

Salomo juga meminta, agar Bupati Aceh Singkil segera melaksanakan lelang jabatan sekda, karena sekda saat ini sudah 8 tahun lebih menduduki jabatan tersebut.

“Kita bicara saja secara aturan tentang masa jabatan sekda. Menurut Salomo, sudah melampaui batas yang diatur dalam undang-undang,” ujarnya.

Lanjutnya, selain pada pasal 117 Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN memang menyatakan, bahwa jabatan pimpinan tinggi hanya dapat diduduki paling lama lima tahun.

“Ada juga turunan dari Undang-Undang adalah Peraturan Pemerintah RI No. 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Namun khusus untuk Daerah Aceh ada Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2009 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Sekretaris Daerah Aceh dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota di Aceh,” katanya lagi.

Selain itu, terdapat pula Peraturan MenPAN-RB No. 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi yang menyatakan bahwa jabatan sekda setelah lima tahun bisa diperpanjang. Syaratnya, sekda harus dievaluasi terlebih dahulu terkait kinerja dan kompetensinya.

Meski demikian, dalam penjaringan seleksi jabatan sekda nantinya, Azmi masih bisa mengikuti calon sekda Aceh Singkil jika Panitia Seleksi (pansel) untuk itu telah dibuka.

“Jika Pansel telah membuka penjaringan calon sekda, saya pikir peluang Drs. Azmi sangat kuat jika beliau mengikutinya. Pengalaman beliau selama delapan tahun menduduki jabatan sekda adalah merupakan modal untuk kembali menjadi sekda,” tandas Salomo.(Ramail)

Editor : Donni