Crime HistoryNasional

KPK Berencana Hadirkan Gubernur Jateng di Persidangan Setnov

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana menghadirkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo di persidangan perkara dugaan korupsi proyek e-KTP, untuk terdakwa Setya Novanto (Setnov).
Kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Ganjar merupakan saksi yang pernah diperiksa pada proses penyidikan Setnov. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan, KPK juga akan menghadirkan Politikus PDI-P tersebut di persidangan.
“Ganjar adalah salah satu saksi yang sudah kita panggil dalam proses penyidikan untuk SN pada saat itu. Jadi kalau dibutuhkan keterangannya di persidangan, karena kan kita harus membuktikan dakwaan, tidak tertutup kemungkinan kita akan hadirkan,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2018).
Namun demikian, KPK menyerahkan sepenuhnya penghadiran Ganjar Pranowo ‎di persidangan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sebab, pemeriksaan saksi di persidangan tergantung kebutuhan JPU dalam rangka menguatkan dakwaan Setnov.
“(Pemanggilan saksi) Itu sepenuhnya tergantung pada kebutuhan JPU membuktikan rangkaian peristiwanya. Satu di antara 99 saksi yang sudah kita panggil (di penyidikan),” jelasnya.
Febri tidak menampik bahwa Ganjar memang memiliki kaitan perkara dalam konstruksi dakwaan Setnov. ‎Sebab, Setnov pernah bertemu dengan Ganjar Pranowo di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.
Ketika itu, Setnov sempat melobi Ganjar agar tidak galak-galak dalam pembahasan anggaran proyek e-KTP di DPR. Menurut Febri, hal itu juga akan diklarifikasi di persidangan jika dibutuhkan oleh tim JPU.
“Tentu kita akan klarifikasi kejadian (di Bandara Ngurah Rai) pada saat itu,” pungkasnya.‎

Sumber : Okezone
Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button