HiburanPalembangSecond HeadlineSumsel

Koperasi PWI, dari Anggota untuk Anggota

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel dan Dinas Koperasi Kota Palembang rapat bersama membahas tentang koperasi yang baru dibentuk di pengurusan PWI Sumsel tahun 2019.

PWI Sumsel sendiri untuk koperasi sudah lama dibentuk dari kepengurusan PWI sebelumnya, namun hingga saat ini koperasi PWI dirasa mati suri karena tidak berkembangnya usaha koperasi. Hal ini disampaikan Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar di sela-sela rapat bersama di Kantor PWI, Jalan Supeno Palembang, Sabtu (4/5/2019).

Menurut Firdaus, saat ini pengurus baru Koperasi PWI yang sudah dibentuk sedang melakukan perubahan, terutama untuk kepengurusan dan anggota.

“Kita ingin mengaktifkan kembali Koperasi yang sudah ada di PWI Sumsel ini, untuk memaksimalkan peran koperasi untuk anggota-anggota PWI, dari anggota PWI yang berjumlah 800 jika dimanage dengan benar, untuk kepentingan anggota terkait dengan kesejahteraan,” jelasnya.

Firdaus mengatakan, untuk mendirikan sebuah koperasi tentunya hanya di perlukan paling dikit 20 anggota. “Kita minta legalnya dulu kita pastikan, kemudian kita bentuk jenis usahanya yang memang betul-betul memberikan manfaat untuk seluruh anggota PWI Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, tambah Firdaus, yang memungkinkan yakni koperasi dibentuk dulu dan dalam bentuk usaha simpan pinjam, nanti ke depan bisa dilakukan bisnis lain, seperti bisnis koran, online dan lainnya. “Ini yang di perlukan adalah untuk mencari dana talangan dulu untuk koperasi, basis kita kan koran, online atau yang lainnya,” bebernya.

Menurutnya, koperasi ini adalah salah satu lembaga ekonomi yang bisa memberikan kepastian kepada anggota. “Karena yang merasakan manfaat koperasi adalah anggota, jadi seluruh anggota sisa hasil usaha (SHU) pasti akan di bagi sesuai dengan modal yang mereka miliki,” jelasnya.

Firdaus berharap, dengan terbentuknya lagi koperasi ini, dirinya menginginkan koperasi ini adalah usaha yang paling minimal bisa di eksekusi dan untuk pengembangan bisa di fikirkan oleh anggota PWI yang tergabung dalam anggota koperasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Kota Palembang melalui Kasi Monitoring Dinas Koperasi Palembang, Zulfakri mengatakan, hari ini adalah dalam rangka rapat anggota koperasi PWI Sumatera Selatan yang tidak aktif dan akan di aktifkan kembali.

“Yang dibahas tentang usaha-usaha koperasi, permodalan koperasi, tadi sudah disampaikan usaha koperasi itu ada yang utama dan yang penunjang. Inikan baru rapat pengurus, nanti akan diundang rapat pengurus dan seluruh anggota koperasi untuk membahas usaha-usaha yang akan dikelola serta permodalan sendiri dan modal luar,” bebernya.

Zulfakri menambahkan, untuk saat ini anggota koperasi PWI harus mempunyai modal dulu dan yang memutuskan seluruh anggota PWI.

“Kalau untuk simpan pinjam sesuai ketentuan minimal Rp 15 juta adalah modal awal. Seluruh anggota koperasi harus rapat untuk sama-sama memenuhi modal awal, untuk memenuhi modal awal selanjutnya ada iuran wajib,” jelasnya.

 

Laporan          : Ril/Srie Gumay

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button