HeadlineOlahragaPalembangPrabumulihSecond Headline

KONI Palembang Bakal Tempuh Jalur Hukum Kasus Diskualifikasi Atlet Cabor Takraw Palembang

// PB Porprov di Prabumulih Dinilai Arogan dan Kangkangi Keputusan Dewan Hakim

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palembang bakal menempuh jalur hukum, terkait kasus atlet cabang olahraga takraw yang tidak bisa ikut serta dalam pertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII, yang dilaksanakan di kota Prabumulih.

Langkah itu diungkapkan oleh Ketua Umum KONI Kota Palembang, Ir Suparman Romans, saat menggelar jumpa pers di Rumah Makan Pondok Kelapa Kota Prabumulih, Minggu (17/11).

Pria ini menilai pelanggaran yang dilakukan oleh Panitia besar (PB) Porprov di Prabumulih sangat prinsip dan telah menodai semangat para atlet dari Palembang. Karena hal tersebut tidak berdasar, pasalnya secara fakta tim atlet dari kota Palembang sudah lulus verifikasi dan sudah memenuhi syarat untuk ikut bertanding.

“Tapi tiba tiba diputuskan sebelah pihak tanpa kompromi dan melibatkan tim KONI Palembang untuk tidak bisa ikut  bertanding. Karena alasan inilah kami secepatkan akan menempuh jalur hukum,” kata Suparman.

KONI Palembang merasa dizolimi atas keputusan PB di Kota Prabumulih yang mengedepankan arogansi dan melanggar hukum, bahkan keputusan tim dewan hakim hasil verifikasi tim putra dan putri dari Palembang, yang sudah siap untuk ikut bertanding juga dikangkangi.

“Kita tidak main-main mengenai permasalahan ini, kita akan menempuh jalur hukum atas SK panitia besar Porprov di Kota Prabumulih yang telah memutuskan bahwa tim kota Palembang tidak bisa bertanding yang diputuskan hanya sebelah pihak,” jelasnya seraya memperlihatkan copy SK PB Poprorv ke XII.

 

“Tujuannya Porprov ini adalah untuk meraih prestasi dan meningkatkan sumber daya manusia di setiap daerah yang ada di Sumatera Selamat. Namun dengan adanya upaya pihak lain untuk menjegal atlet Kota Palembang  agar tidak ikut tanding ini, lebih baik ditiadakan saja Poprorv ini,” katanya.

Diketahui dari sejarah pertandingan, atlet Palembang selalu menjadi juara umum untuk cabang takraw, karena setelah adanya pertandingan selalu mempersiapkan atlet sejak 6 bulan bahkan 8 bulan sebelum pertandingan. Selain itu, KONI dan Pemerintah Kota Palembang juga memberikan reward yang tidak sedikit untuk para atlet.

Hal sama diungkapkan oleh Agussalim, Wakil Ketua umum III KONI Kota Palembang yang mengurus pendaftaran atlet. Dirinya mengatakan membantah dengan fakta dan data, atlet sudah teridentifikasi dan sudah terverifikasi namun didiskualifikasi.

Laporan : Srie Gumay

Editor.    : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button