Komisi III Kecewa Pada Kinerja PT HK

0
91

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Komisi III DPRD Ogan Ilir kecewa pada kinerja PT. Hutama Karya (HK) pengelola Pembangunan Proyek Jalan Tol Palindra. Pasalnya akibat pembangunan jalan tol tersebut banyak Jalan yangg merupakan akses vital bagi masyarakat menjadi rusak Parah dikarenakan pengangkutan material jalan yang menggunakan kendaraan Bertonase besar tak kunjung diperbaiki padahal pihaknya sudah mengingatkan PT. HK sebelumnya.
Hal tersebut diungkapkan langsung Anggota Komisi III DPRD Ogan Ilir kepada awak media ini, Rizal Mustopa S.IP MSi, di ruang kerjanya.
Pembangunan jalan Tol Palindra dijelaskan Rizal memang cukup memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Ogan Ilir.
Tetapi jika akibat pembangunan itu, justru menyebabkan jalan-jalan terutama jalan exiting dari Proyek tersebut menjadi rusak, tentu ini tidak begitu baik.
Contohkan saja salah satunya yaitu jalan utama dari Desa Pelabuhan Dalam menuju Simpang Pelabuhan Dalam yang merupakan akses beberapa desa.
Bahkan Akses dari Ibukota Kecamatan Pemulutan menuju jalan Negara yang menghubungkan ke Ibukota Provinsi (Kota Palembang) dan Ibukota Kabupaten Ogan Ilir, sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan.
“Kita tidak memungkiri di Kabupaten Ogan Ilir masih banyak jalan-jalan rusak yang pada saat ini tidak semua bisa di atasi dengan APBD Kabupaten Ogan Ilir. Dan salah satu penyebabnya yakni akibat proses pengerjaan proyek pembangunan jalan Tol Palindra, mungkin semua tahu bahwa alat berat, mobil tronton untuk pengerjaan proyek itu menggunakan tonase besar, hal ini tidak berbanding lurus dengan Kapasitas/ volume jalan yang ada di daerah kita menjadi akses proyek itu, sehingga jalan itu mengakibatkan rusak berat”, ungkapnya.
Rizal menuturkan, bahwa hal ini dikeluhkan oleh masyarakat di Kecamatan Pemulutan yang daerahnya dilalui oleh pengerjaan tol.
Diakui Rizal, sebelumnya pihak Komisi III telah memanggil dan meminta agar pihak HK bertanggungjawab dan segera memperbaiki kerusakan jalan akibat Pembangunan Jalan Tol Palindra tersebut, tapi hingga saat ini tuntutan yang disampaikan oleh Komisi III belum ada realisasinya.
“Jujur kami sebagai anggota DPRD Ogan Ilir dari dapil 2 Pemulutan yang berdampak langsung atas kerusakan Jalan ini sangat kecewa dengan kinerja PT. Hutama Karya (HK) yang tidak mengindahkan permintaan masyarakat melalui kami dewan”, terang Rizal Serius.
Rizal pun mengultimatum jika dalam waktu dekat pihak HK masih tetap bungkam dan tidak ada itikad baik akan kerusakan jalan tersebut maka komisi III akan melaporkan masalah ini Kepada Kementrian PUPR RI atau bahkan ke Presiden, ancamnya.

 

 

Laporan : H Sanditya Lubis
Editor      : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article