KODIM MURA DAN BATANGHARI JUARA LOMBA BINTER SE-INDONESIA

0
290

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Prestasi kembali ditorehkan oleh dua perwakilan dari satuan kewilayahan jajaran Kodam II/Sriwijaya, Kodim 0406/Mura Korem 044/Gapo, berhasil meraih juara I lomba Binter tingkat Madya dengan Predikat Adi Manunggal Madya bidang Komunikasi Sosial (Komsos) di jajaran TNI AD. Tidak kalah dari Kodim 0406/Mura, menyusul Kodim 0415/Batanghari juga mendapat juara I kriteria Kodim Utama dengan predikat yang sama yaitu predikat Adi Manunggal Utama bidang Komsos dalam lomba tingkat nasional bersaing dengan 301 Kodim seluruh Indonesia.

Kasad Jenderal TNI Mulyono langsung menyerahkan trofi dan penghargaan kepada para pemenang lomba pembinaan teritorial (Binter) dan lomba Karya Tulis teritorial tersebut pada acara apel Danrem dan Dandim TA. 2017 yang dipusatkan di Secapa AD Jalan. Hegarmanah Bandung – Jabar, Senin (27/11/2017).

Selain kegiatan yang sudah merupakan program satuan, kegiatan non program juga sangat berpengaruh terhadap penilaian lomba Binter yang diselenggarakan oleh Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) ini.

Semua satuan Teritorial setingkat Kodim di seluruh Indonesia, dituntut untuk menciptakan produk unggulan yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya disepanjang wilayah binaan masing-masing.

Kodim 0406/Mura yang menjadi Juara pada ajang ini tentunya telah melakukan banyak kegiatan Non Program yang manfaatnya sangat dirasakan oleh warga binaannya. Disamping sinergitas yang terjalin dengan baik dengan unsur Pemerintahan Daerah (Pemda), Polri, Komunitas dan seluruh unsur terkait, Kodim 0406/Mura mengusung beberapa produk unggulan dalam membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Bios 44 adalah salah satu produk unggulan Kodim 0406/Mura dalam upaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian khususnya padi jenis padi Inpari 42 dimana hasil panen petani dengan menggunakan Bios 44 ini dapat meningkat dengan biaya yang minim. Selain digunakan pada tanaman padi, Bios 44 tersebut digunakan pada bidang perikanan dan untuk budidaya tanaman Jamur Tiram. Biaos 44 yang merupakan mikroorganisme yang pada awalnya digunakan untuk penanggulangan kebakaran lahan gambut, dan kini sudah berkembang menjadi bahan sejenis pupuk yang dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan penyubur lahan bekas tambang yang tandus.

Selain produk unggulan tersebut, didukung juga dengan kegiatan yang dilakukan antara Komandan Kodim beserta seluruh Perwira Kodim dengan pemerintah daerah sudah bersinergis dengan baik, sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat terlaksana dengan baik dan dalam membina komunikasi dengan lingkungan masyarakat di wilayah Kodim 0406/Mura dapat berjalan dengan baik guna memperkuat kemanunggalan TNI Rakyat.

Dandim 0406/Mura Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H., menyampaikan bahwa Binter merupakan kegiatan rutin dan harus dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dan aturan. Terlebih, Kodim 0406/Mura merupakan Kodim yang ditunjuk oleh Kodam II/Sriwijaya untuk mewakili Kodim-Kodim lain dalam mengikuti kegiatan ini.

“Atas dasar itu, program yang sudah terlaksana secara rutin kita kemas sedemikian rupa sehingga menjadi penampilan yang lebih menarik. Terlepas dari itu, dalam lomba Binter ini dilihat dari segi inovatif dan kreatifitas dalam mengaplikasikan program serta sinergitas terhadap pemerintah daerah dan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya mengakui tidak mudah bersaing di tingkat nasional, namun berkat didukung segenap prajurit dan masyarakat di wilayah Kodim 0406/Mura berhasil menjadi Juara I lomba Binter tingkat Madya dengan Predikat Adi Manunggal Madya bidang Komsos se Indonesia jajaran TNI AD, dalam Lomba Binter ini dilihat dari segi inovatif dan kreativitas dalam mengaplikasikan program serta sinergitas terhadap pemerintah daerah dan masyarakat.

‘’Ini bukan hanya prestasi Kodim 0406/Mura tapi prestasi seluruh prajurit dan warga masyarakat LMM (Kota Lubuklinggau, Kab. Musirawas, dan Kab. Musirawas Utara),” tandasnya.

Lain halnya dengan, Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denni Noviandi, dia merasa terkejut saat mengikuti pelaksanaan Apel Danrem dan Dandim TA 2017 di Secapa AD, Bandung, dirinya dianugerahi penghargaan Lomba Binter Tingkat Kodim Utama Ke – XX TA. 2017 bidang Komunikasi Sosial (Komsos) oleh Kasad, Jenderal TNI Mulyono.

Menurut Letkol Inf Denni Noviandi, keberhasilan Kodim 0415/Batanghari tidak terlepas dari peran seluruh element, baik itu pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, bahkan warga masyarakat binaan Kodim 0415/Batanghari, termasuk seluruh anggota Kodim 0415/Batanghari, Persit Kartika Chandra Kira serta rekan-rekan wartawan.

“Kami sangat bangga sekali atas penganugerahan Juara 1 Adi Manunggal Komsos saat pelaksanaan lomba Binter Tingkat Kodim Utama ke XX TA 2017 ini. Prestasi ini juga tidak terlepas dari campur tangan Tuhan, Allah SWT yang sayang kepada Kodim 0415/Batanghari,” ujar Dandim.

Di samping itu, Dandim berharap akan memberikan selalu berupaya berbuat yang terbaik sesuai motto “Selalu Berbuat Yang Terbaik Dari Yang Terdekat“.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting   : Imam Ghazali