KODAM II/SWJ PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

0
124

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan berbegara, Kodam II/Swj, Sabtu, (28/10/2017) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, bertempat di lapangan Makodam II/Swj – Palembang.

Upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH, MH, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pendahulu, dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan doa.

Selain itu, juga dibacakan putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong Java, Yong Sumatera, pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia;  berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Imam Nahrowi, dalam pidatonya yang dibacakan Kasdam II/Swj menyampaikan agar kita mampu mengambil dan terus menyalakan Api Sumpah Pemuda. Berani Bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia.

“Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan  kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan”, ujarnya.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut juga dihadiri para pejabat teras Kodam II/Swj, LO TNI AL dan AU Kodam II/Swj, Kabalak Kodam II/Swj, segenap para prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Sumber            : Pendam II

Editor/Posting   : Imam Ghazali

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article