Kodam II Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

62

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Markas Kodam II/Sriwijaya Palembang dilaksanakan dalam suatu upacara militer dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Senin, 1 Oktober 2018 yang diikuti oleh Perwira, Bintara, dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang berlangsung tertib dan khidmat.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktiaan Pancasila ini bertujuan untuk lebih menanamkan jiwa kejuangan juga untuk lebih menyadarkan kita semua betapa pentingnya Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia yang menjadi dasar Negara Kesatuaan Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun.

Upacara Peringatan Hari Kesaktiaan Pancasila ini ditandai dengan mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila oleh Kasdam II/Swj yang diikuti peserta upacara, penghormatan Kebesaran, selanjutnya dibacakan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Ikrar Kebulatan Tekad.

Dalam pembacaan Ikrar Kebulatan tekad ini para peserta upacara berikrar, sejak diproklamasikan Negara Kesatuaan Republik Indonesia Pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Selanjutnya dengan semangat kebersamaan yang dilandasi Nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan Peringatan Hari Kesaktiaan Pancasila ini, para peserta upacara membulatkan tekad di hadapan Tuhan Yang maha Esa, untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk selalu memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditutup dengan pembacaan doa oleh Perwira Rohani dari Bintaldam II/Swj. Tampak hadir dalam upacara tersebut, Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj serta para Dan/Kabalakdam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Sumber          : Pendam II
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here