Kini Sinabung dalam Kondisi Tenang

0
101

Sumateranews.co.id, SUMUT- Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2460 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) Selasa (27/6) berada dalam kondisi tenang.

Menurut Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, hari ini cuaca di Sekitar gunung Sinabung berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 22-28 °C.
Secara visual Gunung dapat terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal dan tinggi 50-300 m di atas puncak kawah.

Dan untuk kegempaan sendiri terjadi gempa Tornillo 2 kali, Amplitudo : 8-15 mm dengan durasi 10-24 detik. Lalu gempa Low Frekuensi 2 kali, Amplitudo : 4-8 mm, durasi 7-10 detik, dan gempa Vulkanik Dalam sebanyak 84 kali, Amplitudo 5-91 mm, S-P 1-4.1 detik, Durasi 6-17 detik.

Mohhamad Nurul Asrori, A.Md. Pengamat gunung aktif Sinabung menjelaskan bahwa status Gunung Sinabung saat ini masih berada di Level IV (Awas).

Nurul mengimbau agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Trnggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur Gunung Sinabung.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” katanya.

Nurul menambahkan, mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran Sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir.

Selanjutnya, BPBD Kabupaten Tanah Karo diminta segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article