HeadlineLahatPolitikPolri

KINERJA KPU DIPROTES, MASSA BENTROK DENGAN POLISI DEPAN KANTOR KPU LAHAT

Sumateranews.co.id, LAHAT- Ratusan massa salah satu pendukung Balon Bupati Lahat yang berasal dari Kikim Area terlibat baku hantam dengan puluhan anggota Polres Lahat saat berada di depan kantor KPU. Karena massa tidak puas dengan kinerja KPU Lahat.
Bahkan, dari pantauan media ini, terlihat aksi ratusan massa demo anarkis di Kantor KPU Lahat dihalau oleh Tim Negosiator dari personil Polres Lahat, massa yang semakin anarkis membuat tim negosiator harus mundur dan digantikan tim Dalmas Kerangka. Namun massa semakin brutal sehingga Dalmas kerangka mundur digantikan Dalmas Inti untuk menghalau massa.

Melihat situasi yang mulai tidak kondusif, bukannya membubarkan diri, jumlah massa justru semakin bertambah dan semakin brutal melempari dan menendang pagar betis Polisi, sehingga Kapolres Lahat, AKBP Robby Karya Adi SIK memerintahkan Dalmas Lanjutan untuk mendorong mundur massa dengan menggunakan gas air mata dan walter cannon, sedangkan tim tindak dari personil Polres Lahat melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana. Sehingga massa yang berorasi terpecah dan membubarkan diri.

Bentrok antara demonstran dengan polisi merupakan simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) untuk menghadapi Pilkada serentak 2018. Dimana pelaksanaan simulasi itu digelar di lapangan eks MTQ Lahat, Jumat (26/1/2018)
Skenario yang diperankan dalam simulasi ini adalah ketika ada aksi protes di KPU karena ketidakpuasan atas hasil perhitungan suara yang menduga pihak KPU tidak netral (memihak).

Sebagai penanggung jawab keamanan, Kapolres mengatakan bahwa latihan ini sebagai bentuk kesiapan Polres Lahat menghadapi Pilkada serentak 27 Juni 2018.

“Simulasi ini merupakan bentuk kesiapan kita untuk menghadapi peristiwa-peristiwa yang tidak kita inginkan bersama selama tahapan Pilkada,” tegasnya.

Ia berharap simulasi yang dilakukan hari ini tidak terjadi dalam Pilkada nantinya dan dapat berjalan kondusif, aman, dan lancar.

Sementara itu, Plt Sekda Lahat, H Ramsi SIP MM mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat memnta kepada pihak berwajib terutama dari jajaran Polres Lahat agar bisa mengamankan pelaksanaan jalannya Pilkada 2018 di Kabupaten Lahat.

“Mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Lahat berjalan kondusif,” pungkasnya.

Laporan : Idham/Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button