Kikim Timur Panen Padi Organik

0
132

Sumateranews.co.id, LAHAT- Di lokasi sawah tadah hujan Desa Marga Mulya Kecamatan Kikim Timur berlangsung panen padi organik (padi yang dibudidayakan dengan cara dan sarana produksi non kimia alias organik), Kamis (15/2). Desa ini merupakan salah satu lokasi basis kegiatan SRI (Sistem Rice Intensification) yang dimulai empat tahun yang lalu.

Tampak menghadiri panen padi organik Kadis Pertanian Ir H. Agustia Budiman serta Kabid Produksi Tanaman Pangan Firdaus, UPTD TPH, PPL, Babinsa, Poktan, dan para petani.

Program Sri merupakan program yang dikenal dengan pemakaian bibit muda yang sedikit dan sistem organik (pesemaian dinampan). Sistem SRI masih tetap dipertahankan masyarakat desa ini dan tidak ketinggalan sistem organiknya.

Pada musim tanam tahun ini pun petani tetap menanam dengan sistem organik dengan tetap mempertahankan tanpa bahan kimia. Pada musim tanam tahun ini menggunakan varietas Inpari 37 dan sedikit varietas Mentik Susu (aromatik). Adapun sarana produksi yang digunakan adalah pupuk organik cair, kompos, pembenah tanah, POC, MOL, pestisida nabati (bila ada serangan opt), sumber air sawahnya tadah hujan, ditanam dengan sistem jarwo. Selama 8 musim tanam hal ini terus tetap bertahan.

Wardi salah satu Poktan mengatakan beras yang dihasilkan nasinya Pulen enak dimakan dan tidak cepat basi.

Laporan : Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali