Ketua Tim PKK Kota Linggau Siapkan Bahan Rajutan Khas Lubuklinggau

40

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Ketua Tim PKK Kota Lubuklinggau Yetti Oktarina Prana menemui pengrajin Rajut hasil ibu-ibu khas Kota Lubuklinggau yang berasal dari Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubukinggau Timur II, Kamis (21/2/2019).

Hadirnya Ketua PKK Kota Lubuklinggau Hj. Oktarina Prana Putra Sohe di tengah ibu-ibu Kelurahan Cereme Taba itu, karena ketertarikan terhadap ibu-ibu pengrajin tas dan dompet rajutan.

“Pas saat kampanye Pilkada kemarin saya pernah bertemu dengan ibu-ibu pengrajut ini. Saat saya lihat hasil rajutan di Pulau Jawa, saya ingat ibu-ibu pengrajut ini. Saya ingin yang ada di sana dibuat juga di Lubuklinggau dengan ciri khas yang berbeda,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, dia beserta rombongan akan berangkat ke Jogjakarta. Dan akan menyempatkan diri untuk membeli peralatan atau bahan untuk membuat hasil kerajinan dari rajutan.

“Saya lihat apa yang dihasilkan di Pulau Jawa tidak jauh beda yang dibuat dari Lubuklinggau. Tapi ada motif yang membuat saya tertarik. Motifnya tidak ribet dan cukup simpel. Saya mau ibu-ibu kita membuat seperti itu juga. Saya akan siapkan semua bahannya,” kata Rina.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga bakal melakukan pengajuan bantuan dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk pembelian mesin rajut. Dari hasil ibu-ibu pengrajin rajutan hasil karyanya akan diperhitungkan (dihargai). Akan ada biaya rajut dari setiap karya yang dihasilkan.

Sedangkan hasil kerajian itu nanti akan dibuat menjadi ole-ole khas Kota Lubuklinggau. “Jadi kalau ada tamu dari luar yang ingin mencari barang khas Lubuklinggau tidak susah, banyak pilihan. Ada tas, dompet, batik duren, songket, dan sebagainya,” tandasnya.

 

Laporan          : Shandy

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here