BanyuasinSecond HeadlineTekno Kes

Ketua PMI Banyuasin jadi Pembicara Seminar Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Sumateranews.co.id, BANYUASIN, – Webinar Psikologi Meningkatkan Kebahagiaan dimasa Pandemi Covid 19 diselenggarakan secara Virtual di Posko Gugus Tugas Covid 19, Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Selasa (23/06).

Acara seminar yang menghadirkan pembicara Ketua PMI Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ris’an Rusli, Dekan Universitas UIN Palembang.

Dalam penyampaiannya, ia menjelaskan bahwa Webinar ini penting sekali guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan mental dalam menghadapi Pandemi Global Covid 19.

“Saya meminta agar semua mahasiswa psikologi Univ. UIN Raden Patah Palembang untuk mengikuti Webinar ini dengan baik, mengingat pentingnya Seminar ini kami harapkan agar dapat mengikutinya sampai selesai,” pinta Ris’an Rusli.

Menjaga kesehatan mental ditengah wabah virus Covid 19 merupakan penekanan yang disampaikan oleh dr. Sri Fitriyanti Askolani dalam Seminar kali ini, sebagai salah satu narasumber, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuasin.

“Dalam menangani Covid 19 ini, ada satu hal yang juga harus kita jaga yaitu mental kita. Karena jika kita panik dan takut, maka akan mudah sekali virus menyerang,” jelas Sri Fitriyanti.

Tambahnya, untuk itu selain kesehatan, kebersihan tubuh dan lingkungan, juga harus dijaga supaya mental selalu bahagia sehingga memberikan keseimbangan jasmani dan rohani.

“Beberapa hal yang bisa kita lakukan agar selalu bahagia, dengan cara melakukan kegiatan seru yang membahagiakan seperti membaca buku, menonton film, berolahraga, mengerjakan tugas, menulis, memasak, membersihkan rumah dan berkebun,” tutup Istri Bupati Askolani.

Di Kabupaten Banyuasin, perkembangan Covid 19 sendiri sampai hari Senin tanggal 22 Juni 2020 berjumlah 133 orang yang positif Covid 19. Selain melakukan pemantauan pada OTG, ODP dan PDP, Dinas Kesehatan Banyuasin juga melakukan pemantauan kasus-kasus ISPA, Influenza like Illness (ILI) dan Pneumonia yang terjadi di masyarakat.

Dilanjutkan dengan pengisian Seminar tentang Psikologi ketahanan dan kebahagiaan yang harus dibangun selama masa Pandemi oleh beberapa narasumber, seperti dr. Deasy Wirasiti Sp, P, FISR dan Listya Istiningtyas, M.Psi, Psikolog.

Laporan : Wanto III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button