Ketua Panoramic Lahat Dambakan Museum Purbakala

60

Sumateranews.co.id, LAHAT- Kabupaten Lahat kaya akan potensi pariwisata yang mempesona serta peninggalan Purbakala yang sangat tinggi historisnya. Bukan isapan jempol semata hal ini telah terbukti keabsahannya oleh para Arkeolog yang telah mengunjungi Kota Lahat dengan sebutan Negeri Seribu Satu Megalith.

Untuk itulah Maryoto atau sering dikenal Mario seorang tokoh muda Inspiratif Sumsel dan Ketua Panoramic Lahat ketika berbincang dengan para Pewarta di kediamannya di Blok C Kapling Bandar Jaya Lahat, Senin (17/6) berbincang tentang Cagar Budaya. ‘’Kota Lahat sudah sepatutnya didirikan museum untuk menampung benda-benda bersejarah,’’ ujarnya.

Gagasan ini timbul ketika beliau mengikuti nominator museum beberapa waktu lalu di Jakarta. Diantara 8 orang, salah satunya  Mario terpilih. Dari situlah timbul ide untuk mendirikan museum di Lahat, sebab menurutnya ada syarat untuk itu. Yakni permohonan dari Bupati Lahat dan tanah bersertifikat dari Pemda.

‘’Namun kekecewaan saya karena untuk Lahat tidak ada tanah bersertifikat Pemda. Lalu saya menghubungi Bapak Siswanto selaku Kepala Museum Nasional dan beliau merespon dan diarahkan Mas Fitra Ardana selaku Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI di Jakarta. Beliau juga sangat merespon dan akan membantu Lahat mendirikan museum,’’ tegasnya.

Laporan          : Novita/Idham

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here