MuraPolitikSecond HeadlineSumsel

Ketua KPU Mura Lantik 70 Anggota PPK Terpilih

# Tugas dan Kerja Keras Menanti

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS –  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Anasta Tias melantik sekaligus mengambil sumpah/jabatan kepada 70 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih di 14 Kecamatan, yang diselenggarakan di Hotel Smart Lubuklinggau, Sabtu (29/02/2020).

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU, yakni Apandi, Wahyu Hidayat Setiadi, Syarifudin, Ania Trisna dan Sekretaris KPU H Nailul Azmi serta Komisioner Bawaslu Hermansyah dan Khoirul Amri serta undangan lainnya.

Setelah pengucapan sumpah/janji, selanjutnya perwakilan anggota PPK membacakan fakta integritas yang akan ditandatangani oleh seluruh anggota PPK. Prosesi pelantikan sendiri diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji serta Pakta Integritas.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Anasta Tias menyampaikan, bahwa proses pembentukan PPK sebagai penyelenggara ad hock pada Pemilihan Serentak tahun 2020.

Ia mengingatkan bahwa tugas sebagai Penyelenggara Pemilihan cukuplah berat. Tidak hanya dituntut bersikap professional dalam bekerja dimana harus benar-benar memahami persoalan-persoalan teknis penyelenggaraan Pemilihan. Tetapi yang tidak kalah pentingnya lagi adalah juga dituntut untuk senantiasa menjaga sikap dan perilaku kita selama menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilihan.

“Tentunya kita semua berharap bahwa proses Pemilihan Serentak Musirawas tahun 2020dapat berlangsung aman dan lancar serta terselenggaranya Pemilihan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Serentak ini pastinya bergantung pada kualitas penyelenggaranya,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Musi Rawas Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin menambahkan tugas PPK sudah berada di depan mata, pasca pelantikan mereka sudah bergerak untuk melakukan verifikasi faktual terkait dukungan calon perseorangan.

“Jumlah persebaran dukungan terbanyak berada di kecamatan sumber harta, namun untuk ppk dikecamatan lain juga harus bekerja ekstra dalam memvalidkan data dukungan ini,” tegasnya.

Lanjut Syarif, PPK yang dilantik hari ini telah melalui tahapan tes dan tanggapan masyarakat, sejak diumumkanya 5 besar pada 15 februari lalu, KPU telah membuka tanggapan masyarakat untuk memastikan PPK yang dilantik hari ini bersih dan memang sesuai aturan.

“Sedikitnya ada 15 laporan yang masuk ke KPU sejak dibukanya tahapan tanggapan masyarakat, dan dari 15 laporan tersebut hanya dua laporan yang ditindak lanjuti karena memiliki bukti yang kuat. Dengan hasil 2 PPK yqng diumumkqn sebelumnya bersedia mengundurkan diri dan diganti yang lain, satu dikecamatan megang sakti, dan satunya di Kecamatan stl Ulu Terawas,” tukasnya.

Laporan : San
Editor.    : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button