Kasus & PeristiwaNusantaraSecond HeadlineSumatera Utara

Ketua IPW Dukung Polisi Cek Lokasi Tambang di Pancur Batu, Begini Tanggapan Polda Sumut

DELI SERDANG – Aktivitas penambangan galian C di wilayah desa Namorih, kecamatan Pancur Batu, kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara juga mendapat sorotan dari Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso.

Bahkan dirinya menegaskan, sangat mendukung pihak kepolisian dalam hal ini Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Simanjuntak M.Si untuk turun mengecek dan memeriksa izin operasi Tambang Galian C di lokasi tersebut.

“Jika nantinya saat diperiksa oleh Polda Sumut, Tambang Galian C di desa Namorih itu tidak memiliki izin, maka harus dihentikan dan ditindak, karena berpotensi merusak lingkungan,” tulis  Sugeng Teguh Santoso saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu, 22 Maret 2023 pukul 14.22 Wib.

Sebelumnya, masyarakat menduga dua lokasi tambang yang merupakan kegiatan tambang terbesar di Deli Serdang tidak memiliki izin dan saat ini masih terus beroperasi.

Masyarakat pun menilai pemerintah setempat terkesan membiarkan, karena sudah beroperasi bertahun tahun. Bahkan beredar isu, pengelola salah satu tambang tersebut diduga masih memiliki hubungan keluarga dengan salah satu oknum pejabat pemerintahan setempat.

Parahnya lagi, menurut informasi di lapangan menyebutkan, selain kerap mengerahkan massa setiap ada razia dari petugas pemerintah, pemilik tambang galian C tersebut juga diduga menggunakan BBM subsidi jenis minyak solar dari salah satu SPBU untuk bahan bakar excavator yang ada di tambang tersebut.

Selanjutnya, dari pantauan wartawan media ini, pada Rabu pagi, (22/3) juga mendapati kondisi jembatan desa Namorih yang jebol diduga akibat aktivitas mobilisasi angkutan kendaraan tambang, yang hingga kini belum diperbaiki oleh pemerintah.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak M.Si melalui Kasubdit Penmas Polda Sumut AKBP Herwansyah SH, saat dikonfirmasi, Rabu (22/4/2023) menjelaskan, bahwa pihaknya akan segera melakukan pengecekan terkait laporan masyarakat tersebut.

“Terimakasih Informasinya Dinda, Kita akan cek dulu lokasi tambang yang ada di desa Namorih tersebut,” pungkasnya, singkat. (Leodepari)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button