Kesal Tak Diperbaiki, Warga RW 06 Kelurahan Wonosari Gotong Royong Perbaiki Jalan Arjuna 1

192

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kesal menunggu jalan tak kunjung diperbaiki, warga Jalan Arjuna, RT 01, RT 02 danRW 06, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih akhirnya bergotong royong memperbaiki Jalan Arjuna 1 yang rusak berat, Minggu (15/03/2020).

Ini dilakukan lantaran jalan yang merupakan milik Pemerintah Kota Prabumulih ini sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukan permukaan jalan yang rusak, padahal setiap hari jalan tersebut kerap digunakan warga untuk beraktivitas dan menuju tempat publik.

Lubang jalan yang menganga cukup besar dan membahayakan bagi pengguna jalan, akhirnya ditimbun dengan menggunakan Con Block, dimana kegiatan ini melibatkan puluhan orang warga.

Mereka bahu membahu memperbaiki jalan rusak yang ada disepanjang Jalan Arjuna 1 ini. Perbaikan jalan berstatus jalan milik Pemerintah Kota Prabumulih ini dilaksanakan selama satu hari.

“Jalan kito ini hancur parah nian, ini sudah tigo kali ditimbun, aku dewek yang gawekenyo, kawan kawan Lebung Bawah yang lewat ngomong, kak hancur jalan kamu ne, lah hancur lah uji ku”, ujar M Hadi tokoh masyarakat Arjuna kepada Sumateranews.co.id. Minggu (15/03) pagi.

Dijelaskan Hadi, perlu kamu ketahui sejarah jalan ini, yang bangun jalan ini Almarhum Idham Gumay, sewaktu masih dibawah Muara Enim dibawah kepemimpinan Hasan Jen.

“Yang bangun jalan ne adek kakak, (Idham Gumay Alm). Kito waktu maseh dibawah Muara Enim, Hasan Jen itu kan mamang kakak, mang beneri jalan kami tu mang kareno maseh tanah, laju diaspal nyo kareno jalan ini maseh tanah,” jelasnya

Hadi kembali menjelaskan, jadi semenjak itu sampai sekarang jalan ini belum ada sentuhan dari Pemerintah Kota Prabumulih, jadi sudah tidak tahu, sudah berapa tahun tidak ingat lagi.

Bahkan, dari kenyataan kejadian yang terjadi selama ini, Hadi menyebutkan, kalau sedang datang musim penghujan jalan ini seperti sungai dikarenakan saluran air mampet, sehingga air meluap menggenangi jalan itu.

“Kalu lagi musim penghujan, jalan ini cak sungai tegenang banyu ditengah jalan yang hancur itu. Harapan ke pemerintahan kito, benerin jalan kito ne oi, masyarakatkan lah rebot terus, pak Ridho jugo lah ngomong jalan ini kageknyo kito perbaiki,” ujar Hadi.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 01, Nilawati Tarigan menjelaskan, kegiatan ini kita mengajak masyarakat dengan ide dari masyarakat. Olehnya ini kan banyak mobil mobil masyarakat yang lewat tersantuk dijalan rusak ini, kebeneran masjid kita itu kan pembongkaran daripada mubazir jadi kita masyarakat punya inisiatif kita buat kesini gotong royong itu.

“Baru ini rusaknyo pak, olehnyo banyak mobil mobil yang, berhubung musim hujan, karena mungkin mobil berat yang lewat jadi rusak,  jadi kita inisiatif bukan masalah dari pemerintah, pemerintah itu sudah cukup memberikan yang terbaiklah”, terang Nilawati kepada awak media (15/03).

Sementara itu, Ketua Rukun Warga (RW) 06 Anis Aristi mengatakan, bahwa Jalan ini memang sudah lama rusaknya, sudah kita ajukan sebelum sebelumnya mungkin nunggu giliran, dikarenakan tidak mungkin kita saja yang mengajukan jalan ini.

“Jadi nunggu giliran dari pemerintah, kalau sudah tiba giliran, mungkin baru diperbaiki yang penting kita sudah mengajukan,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, Ini inisiatif dari warga ini ado dari siso-siso masjid, jadi dari pada dak tepake mending kito tampung tuk disini soalnya ini kan lah sering terjadi kecelakaan kan.

“Ado yang ibu ibu campak yang apo, terus yang mobil mobil pendek tu bempernyo banyak yang pecah,” jelasnya.

Terpisah, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya, MM melalui Camat Prabumulih Utara Hendri Donan SH, mengapresiasi kegiatan ini, karena masyarakat sangat peduli dengan lingkungan dan peduli dengan keadaan. Pemerintah kota sangat bersyukur akan motivasi mereka.

“Kalu kito mengapresiasikan tentang kegiatan ini. Apo lagi masyarakat ini peduli dengan lingkungan, peduli dengan keadaan. Disini kami dari pemerintahan merasa bersyukur, ya artinya apalagi mereka ada motivasi begini, ya kita harus suport, kita harus dukung,” ungkap Hendri kepada awak media disela sela kegiatan gotong royong. Minggu (15/03) pagi.

Dikatakan Hendri, jadi disamping itu ya kita sebagai pemerintah ini berarti, bahwa masyarakat itu dia peduli tentang lingkungan. Fasilitas umum ini berarti ingin diperbaiki, ingin dipelihara dan sudah itu fasilitas umum ini untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Kita sangat mensuport, bahkan dengan ucapan ‘Apresiasi Plus’ bagi mereka,” tegasnya singkat.

Ditambahkan Hendri, intuk mengenai jalan Arjuna 1 ini, tahun 2020 ini kan pemerintah kota sudah ada program.

“Dilihat dari segi pekerjaannya, mungkin mereka ini lagi mengurusi administrasinya. Tapi untuk tahun 2020, jalan Arjuna 1 ini sudah termasuk”, tutup Hendri.

Laporan : Gun
Editor     : Abiyasa

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here