Kepala UPT Pagar Agung Sosialisasikan Surat Edaran Bupati Lahat Tentang Jamkesmas

0
207

Sumateranews.co.id, LAHAT- Terkait Surat Edaran Bupati Lahat mengenai dihapuskannya Jamkesmas tentu akan membawa dampak tersendiri bagi masyrakat Bumi Seganti Setungguan.
Terkait hal itu, maka Yani Suryadi selaku Kepala UPT Puskesmas Pagar Agung Lahat terus melakukan sosialisasi agar hal itu tak menimbulkan masalah. Terlebih lagi buat masyarakat yang biasa menggunakan Jamkesmas atau dengan menggunakan KTP/KK saat mereka berobat ke puskesmas.
“Saya juga akan ke Dinas Kesehatan untuk konsultasi mengenai hal tersebut,’’ tegas Yani, Selasa (30/1).
Adapun point-point yang akan dikonsultasikan adalah penanganan pasien di Posyandu, pelayanan KB, dan masalah retribusi bayar. ‘’Sehingga tidak berlakunya Jamkesmas per 31 Januari itu tak akan membuat para pasien terkejut,’’ tandas Yani.
Selama ini, masyarakat menengah ke bawah senantiasa menggunakan Jamkesmas saat berobat ke puskesmas ataupun posyandu. Namun karena adanya surat edaran Bupati Lahat Saifudin Aswari Rifa’i Jamkesmas tak lagi berlaku per 1 Februari 2018, maka hal itu tentu akan membuat kebingungan tersendiri bagi mereka.
Dulu sebelum era BPJS, Jaminan Kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk warga miskin dan kurang mampu adalah Jamkesmas dan Jamkesda. Kedua program pemerintah tersebut hanya diperuntukkan warga miskin yang kurang mampu berdasarkan data dinas social. Namun di era BPJS saat ini kedua program tersebut sudah digantikan oleh BPJS Kesehatan.

Laporan : Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article