Kepala Disdik Tubaba Buka Kegiatan Lingkungan Belajar Berkualitas dan PBD

TULANG BAWANG BARAT – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Tulang Bawang Barat membuka kegiatan Lingkungan belajar yang berkualitas (LBB) dan Perencanaan berbasis data (PBS), Rabu, 5 Oktober 2022.

Budiman jaya Kepala dinas mengatakan, Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD yang berkualitas, dan beberapa faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas di antaranya adalah, proses pembelajaran dan pengelolaan yang baik.

Proses pembelajaran secara umum merujuk pada kapasitas satuan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, interaksi guru dan anak yang positif, pembelajaran yang berpusat pada anak, kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, serta penggunaan asesmen yang selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya.

“Pengelolaan secara umum merujuk pada kemampuan satuan bermitra dengan keluarga serta masyarakat, melakukan kapasitas perencanaan dan akuntabilitas pembiayaan, menghadirkan lingkungan belajar yang aman, dan inklusif, serta mendorong peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan,” terang Budiman.

Sebagai upaya mewujudkan lingkungan belajar yang berkualitas memerlukan perencanaan yang didasarkan pada kemampuan satuan melakukan evaluasi diri, mencari akar permasalahan, identifikasi aspek layanan yang ingin dikuatkan serta rangkaian kegiatan dan sumber daya dibutuhkan untuk memenuhi perencanaan berbasis data.

“Melalui proses ini, harapannya satuan PAUD dapat terus meningkatkan kualitas layanannya. Perencanaan berbasis data yang dilakukan oleh Satuan PAUD merupakan bagian dari proses evaluasi sistem pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan Pendidikan di Satuan PAUD. Intervensi kepada pendidik dan tenaga kependidikan dapat dilaksanakan melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD dan Organisasi Mitra,” jelasnya.

PKG PAUD dan Mitra sangatlah strategis dalam menjangkau hingga ke tingkat satuan, dan merupakan bentuk perwujudan pendampingan berjenjang berbasis ekosistem (dari pusat, daerah, kecamatan hingga ke satuan). Keaktifan PKG PAUD diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan PAUD di masing-masing wilayah.

PKG juga diharapkan dapat secara aktif menjadi wadah pendidik dan tenaga kependidikan untuk belajar bersama rekan sejawatnya, utamanya dalam memahami hakikat lingkungan belajar berkualitas.

Perencanaan berbasis data juga akan memudahkan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten, dalam bersinergi dengan pemerintah pusat dan masyarakat untuk menguatkan penyelenggaraan layanan PAUD di wilayahnya.

Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hikmawati S.Sos MM juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 22 orang peserta dari Pusat Kegiatan Gugus (PKG) semua kecamatan dan Organisasi Mitra PAUD yang berada di kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Harapan kepada peserta dapat menikuti kegiatan ini sebaiknya dan kemudian dapat menyampaikan informasi kepada satuan paud yang ada di wilayah masing- masing,” pungkasnya. (Dedi)

Editor: Donni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *