Kendala Alam, Ganggu Layanan Optimal PLN Prabumulih

334

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Jelang bulan Ramadhan, tentu umat Islam berharap agar bisa khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. Namun, persoalan pemadaman listrik menjadi satu hal yang sering dikhawatirkan warga.

Menyadari hal tersebut, Kepala PLN Rayon Prabumulih, Sumardi memastikan jika pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan sehingga tidak terjadi pemadaman selama bulan Ramadhan.

“Langkah preventif sudah dilakukan. Semua langkah antisipasi sudah kami buat supaya di bulan puasa nanti tidak terjadi pemadaman listrik di wilayah Kota Prabumulih,” jawabnya saat dikonfirmasi Sumateranews.co.id, Selasa (15/5).

Namun lanjut Sumardi, itu hanya tindakan terencana. Terkait dengan gangguan akibat faktor alam seperti hujan, angin, bahkan binatang seperti tupai, pihaknya tidak bisa memprediksi.

“Jaringan PLN itukan banyak melewati kebun warga, sehingga kami menemui kesulitan untuk memangkas pohon-pohon tersebut. Pasalnya, banyak warga yang meminta ganti rugi, bahkan meminta Rp 1 juta untuk satu dahan,” keluhnya.

Lanjut Sumardi, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan agar warga tidak terganggu saat sedang menjalankan ibadah puasa. “Kami akan berusaha sebaik mungkin. Sebelum bulan puasa, kami akan optimalkan baik dari segi rintis maupun preventif,” janjinya.

Terkait daerah Gunung Ibul yang sudah seminggu ini sering mengalami pemadaman, Sumardi berkilah jika saat ini teknisi PLN sedang memasang Load Break Switch (LBS) pada jaringan di daerah Jalan Lingkar. “Pemasangan LBS itu untuk backup jika padam di pangkal, maka tidak banyak wilayah yang mengalami pemadaman. Itu adalah upaya lokalisir jika terjadi pemadaman,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk daerah Gunung Ibul, jika pemasangan LBS selesai itu sudah bisa normal kembali. Dan, semoga bisa selesai hari ini. “Tetapi tergantung cuaca juga. Karena jika sedang hujan, pengerjaan pasti dihentikan dulu untuk menghindari petir,” ungkapnya.

“Jaringan di Gunung Ibul itu menyatu dengan jaringan sebagian Kelurahan Sukajadi. Sementara, jaringan di daerah Sukajadi kami kesulitan karena banyak melalui kebun warga,” lanjut Kepala PLN yang juga baru menjabat tersebut.

Laporan          : Irfan

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here