Kenalkan Aset Wisata Lahat, 11 Club Motor Gelar Touring

0
254

Sumateranews.co.id, LAHAT- Minggu (2/9 2018) 11 komunitas/club motor di Lahat antara lain Byonic Lahat, Bikers Of Familyar, Rider Community Lahat, Honda Beat Club LAhat, Yamaha Jupiter MX Club, Komunitas Motor BOx, Pasukan, BlokER ,Faber, CMC, CMA, dan LSC (Lahat Scooter Club) menggelar touring.

Total peserta yang ikut touring ada 70 orang. Start di Lap MTQ terus menuju Pagar Gunung. Lalu, di Desa Tanjung Agung peserta touring berhenti di rumah adat Lahat.

Maryoto atau yang lebih dikenal Mario Andramartik selaku penggagas kegiatan ini memberikan penjelasan tentang rumah adat. “Rumah adat Lahat atau yang disebut Ghumah Baghi merupakan tinggalan rumah adat terbanyak se-Sumsel. Rumah dengan pahatan pada bagian dindingnya merupakan hasil karya leluhur kita yang telah berusia lebih dari 250 tahun, terbuat dari kayu tenam dengan konstruksi anti gempa,’’ ujar Mario.

Selanjutnya peserta menuju Desa Pagaralam Kecamatan Pagar Gunung. Di sini terdapat tinggalan megalitik berupa arca macan/batu macan, lumpang batu, dan tetralit.

Kemudian ke Desa Penandingan Kecamatan Mulak Sebingkai yang terdapat Air Terjun Ughul dan danau yang lebih dikenal dengan nama Tebat Mbahambang. Di tebat ini pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu atau bebek-bekekan. Di danau ini juga diadakan pemberian piagam kepada semua club motor yang diberikan oleh Maryoto kepada pembina ACML AKP Maulana dan selanjutnya diberikan kepada ketua club masing-masing.

Perjalanan berikutnya melintasi Kecamatan Mulak Ulu dan Kota Agung dan berakhir di Megalitik Tinggihari 1 Desa Pulau Pinang. Di sini peserta peserta touring makan siang dan mendapat wing yang diserahkan oleh Maryoto selaku penggagas kegiatan dan ketua umum LSC (Lahat Scooter Club).

Kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi antaranggota club motor, mengenalkan potensi pariwisata dan membantu mempromosikan potensi pariwisata Lahat. Kegiatan ini juga tak terlepas adanya dukungan Dian Shanza Ketua ACML.

Dian Shanza mengatakan ‘’Kegiatan ini sangat bagus, karena bukan cuma touring bermotor tetapi juga mengenal alam dan budaya Lahat. Semoga kegiatan seperti dapat dilakukan lagi,’’ tandas Dian.

Laporan          : Idham/Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali