Kemenkumham Berikan Remisi Umum kepada 339 Napi Rutan Prabumulih, 4 di Antaranya Langsung Bebas 

0
315

PRABUMULIH – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi umum kepada 339 narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB (Rutan) Prabumulih, dalam rangka peringatan HUT RI ke-77 yang jatuh pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022.

Menurut Karutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel, David Rosehan mengatakan, dari 565 orang narapidana dan tahanan di Rutan Prabumulih, ada 364 orang WBP yang diusulkan mendapatkan Remisi Umum (RU) di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dari 364 orang WBP yang diusulkan menerima remisi sebanyak 339 orang, dan telah menerima SK Remisi pada hari ini di mana di antaranya 4 orang WBP langsung bebas,” ujar Karutan David.

Dijelaskan David, dari 339 WBP yang menerima hadiah remisi kemerdekaan, 332 di antaranya Remisi Umum (RU. 1) sudah keluar, sedangkan 7 orang sisanya masuk RU. 2.

“Untuk Remisi Umum (RU 2) 7 orang ini, 3 orang dalam perjalanan subsider, Narkotika 2 orang, dan 1 orang kekerasan dalam rumah tangga. Sedangkan untuk Pidana umum 4 orang langsung bebas,” tandasnya.

Acara penyerahan remisi umum bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini diselenggarakan di Aula Rutan Prabumulih. Acara tersebut juga dihadiri Wali kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM didampingi Ketua TP PKK Prabumulih Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu Ridho, Wakil Wali kota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH didampingi Wakil Ketua TP PKK Prabumulih Hj Reni Indayani Fikri SKM.

Turut hadir Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Prabumulih serta undangan lainnya. Remisi tersebut diserahkan langsung oleh Wali kota Prabumulih, Wakil Wali kota Prabumulih dan Karutan Prabumulih kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) didampingi Unsur FORKOPIMDA Kota Prabumulih.

Dalam kesempatan ini, Wali kota Prabumulih membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Selanjutnya, Wali kota dan Wakil Wali kota Prabumulih juga menyempatkan memberikan semangat dan motivasi kepada Warga Binaan yang sedang menjalankan hukuman. (King)

Editor: Donni