Kemenhub Akan Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

0
176

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Salah satu penyebab kecelakan yang terkadang tidak diperhatikan warga adalah perlintasan kereta api (KA) yang tidak memiliki palang pintu. Tidak sedikit warga menjemput maut karena menerobos perlintasan tersebut.

Untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut, pemerintah (Kementerian Perhubungan) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian akan segera menertibkan perlintasan yang tidak memiliki palang pintu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian, Ir Zulfikri MSc DEA mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk mengurangi perlintasan yang tidak berpalang pintu.

“Saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mengurangi perlintasan itu. Dengan yang kami sebut cikal bakal perlintasan liar,” ungkapnya saat mendampingi Menteri Perhubungan di stasiun KA Prabumulih, Jumat (20/4).

Zulfikri mengungkapkan bahwa lintasan kecil akan segera ditutup demi mengurangi angka kecelakaan tersebut. “Lintasan kecil yang (lebarnya) kurang dari dua meter, akan segera ditutup, ungkapnya dan menambahkan jika sampai saat ini, masih ada sekitar 5.000 perlintasan yang harus diselesaikan (ditutup).

Laporan : Irfan

Editor     : Donny