HiburanPemprov SumselSecond Headline

Kelola Pulau Maspari, Wagub Sumsel Studi Banding ke Kota Batam

Sumateranews.co.id, BATAM ─ Wakil Gubernur Sumsel  Ir H Mawardi Yahya melakukan kunjungan kerja ke Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI  yang ada di Kota Batam Kepulauan Riau, Jumat (11/1).

Kunjungan kerja Wakil Gubernur kali ini  dampingi Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi bersama Komisi II DPRD Sumsel Bidang Perekonomian dan Keuangan, serta Dinas terkait Provinsi dilingkungan Pemprov.Sumsel.

Kedatangan Wagub Mawardi Yahya dan rombongn disambut langsung oleh  Kepala Balai Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau,Toha Tusihadi.

Kunjungan  kerja dimaksudkan untuk melihat secara langsung bagiamana proses budidaya perikanan serta pembibitan dan pembenihan ikan laut.

Kepala Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau, Toha Tusihadi mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Wakil Gubernur.

“Selamat datang kepada bapak Wagub Sumsel Mawardi Yahya, Ketua DPRD Sumsel, Komisi II DPRD Sumsel serta Dinas terkait dan ajarannya,” ucapkan ketika menyambut kehadiran Wagub dan rombongan.

Toha Tusihadi menjelaskan, keberadaan Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau bertanggung jawab langsung pada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kami disini menjalanakan tugas dan fungsi pokok  yakni melakukan inovasi tekonlogi, menjalankan fungsi standarisasi,  melakukan bimbingan teknis dan pendampingan, memproduksi  bibit unggul. Serta Pemantuan dan Pengawalan lingkungan,” ucapnya.

Dia berharap akan terjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel terutama dengan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel dengan harapan pertemuan yang telah dilakukan akan  memberikan manfaat bagi kemajuan sektor perikanan di Sumsel.

Sementara itu, Wagub Sumsel Mawardi Yahya menuturkan, potensi perikanan di Sumsel masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Bahkan dalam waktu dekat Pemprov akan memanfaatkan keberadaan Pulau Maspari untuk dijadikan lokasi pengembangan sektor perikanan tambak dan keramah.

“Pulau Maspari akan kita jadikan pulau sebagai lokasi pusat pembenihan baik ikan laut, udang dan lainnya yang akan dibawahi langsung Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel,” jelas MY.

Disamping itu lanjut  MY, di Pulau Maspari akan dibuatkan pos terpadu yang fungsinya untuk pemantauan lalu lintas angkutan baik kapal maupun aktivitas di laut lainnya.

“Jika pulau itu sudah berkembang dengan baik, bukan tidak mungkin pulau ini nantinya akan menjadi lokasi Wisata baru. Selain sebagai pusat pembenihan perikanan,” katanya.

Wagub berharap, dari hasil kunjungan ini dapat belajar dan mengetahui secara langsung pembenihan sehingga pusat pembenihan seperti di kota Batam ada di Pulau Maspari.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Balai serta jajarannya yang sudah menerima kami bahkan memberikan paparan tentang cara pengembangan ikan laut dan kita mengharapkan kerjasama ini memberikan manfaat yang baik antara Sumsel dan Kepulauan Batam,” tutupnya.

 

Sumber : Ril

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button