Kejari Musnahkan BB Narkoba, Dua Pucuk Senpi dan Sajam

0
175

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Sedikitnya 80 butir pil ekstasi, 281,962 gram dan 168 paket kecil sabu-sabu, ganja kering seberat 1,5 kilogram dan 25,5 paket serta dua (2) pucuk senjata api dan sajam dimusnakan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih, Kamis (20/07). Pemusnahan sejumlah barang bukti (BB) yang dilakukan di halaman kantor Kejari Prabumulih itu dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kejaksaan Negeri Republik Indonesia ke 57.
Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, M Husein Admaja SH MH, dalam sambutannya mengatakan kegiatan pemusnahan barang bukti seluruhnya berasal dari tangan para pelaku kejahatan yang kasusnya telah inkrach dan diadili di Pengadilan Negeri Prabumulih. Sebanyak 80 persennya, Husein sebutkan berasal dari BB narkoba.
“Semua barang bukti yang disita berasal dari 81 perkara yang telah ditangani oleh pihak kejaksaan. Terhitung sejak Agustus 2016 hingga Mei 2017. Dan 80 persen adalah kasus narkoba, baik yang dilimpahkan dari Polres Prabumulih maupun BNN Kota Prabumulih,” sebut Husein.

Menurut Kajari, masih tingginya kasus narkoba yang ditangani membuat pihaknya prihatin. Untuk itu, berbagai upaya pencegahan dan penindakan pelaku narkoba harus benar-benar dilakukan untuk memberikan efek jera kepada para pelaku narkoba.

“Masalah narkoba adalah masalah kita bersama. Untuk itu perlu peran serta dan dukungan dari kepala daerah serta seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi peredaran narkoba ini. Hal utama yang harus dilakukan adalah pencegahan,” katanya.

Guna memberikan efek jera kepada pelaku narkoba, dirinya sepakat jika para pelaku narkoba khususnya bandar narkoba dimiskinkan. Mengingat banyak keuntungan yang diperoleh para bandar untuk memperkaya diri dari hasil bisnis narkoba.

“Karena pada dasarnya para bandar ini berkomitmen untuk tidak menggunakan narkoba, namun mereka lebih kepada memperkaya diri dari hasil bisnis narkoba. Untuk itu penjara atau hukuman mati saja tidak cukup, dengan hukuman memiskinkan para bandar inilah diharapkan peredaran narkoba bisa diminimalisir,” tukasnya.
Laporan : Fadli
Editor : Donny
Posting : Andre