Kedua Desa Sepakat Pasang Plang Larangan Buat Penambang Pasir

0
170

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Guna mencegah konflik berkepanjangan antara Desa Seridalam dengan Desa Tanjung Temiang, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) memasang plang larangan penambangan pasir di perbatasan yang masih berstatus sengketa tersebut.

Camat Tanjung Raja, Edi Rahmad mengatakan, plang yang dipasang merupakan kesepakatan bersama antara kedua Kepala Desa dan unsur Tripika Tanjung Raja yang mengacu pada peraturan yang ada. “Kami berharap ini untuk ditaati karena merupakan kesepakatan bersama, jadi tolong dipatuhi sambil menunggu proses penyelesaian di tingkat kabupaten,” harapnya.

Camat mengimbau kepada masyarakat yang berseteru jangan lagi ada konflik yang bila dilihat dari silsilah masyarakat kedua desa tersebut masih satu keluarga (Serumpun). “Mari kita selesaikan masalah ini secara kekeluargaan, sekali lagi saya tegaskan pemasangan plang ini bukan menentukan batas wilayah, tapi ini hanya tanda larangan jangan ada lagi aktivitas penambangan, selama proses berlangsung,” terangnya.

Nanti kata dia, dengan pihak Pemda, Dinas Lingkungan Hidup, tokoh masyarakat dan sebagainya akan duduk bersama untuk menyelesaikan ini. “Dengan adanya plang larangan ini mari kita bersama – sama mengawasi, proses tetap kita jalankan, dalam pengawasan hal ini, nanti kita minta pemetaan dari Kabupaten OKI dulu agar permasalahan cepat selesai,” tegasnya, Kamis (12/7).

Di tempat yang sama Kapolsek Tanjung Raja, AKP Arfanol Amri meminta warga kedua desa untuk mematuhi peraturan yang dimotori oleh kedua Kades. “Saya harap masyarakat sadar dan mematuhi kesepakatan hari ini,” pintanya.

Arpanol mengatakan pihaknya telah berkerjasama dengan Camat, Kades, dan perangkat desa setempat untuk menekan adanya potensi kegiatan penambangan liar yang ada di Desa Tanjung Temiang wilayah Kecamatan Tanjung Raja.

“Ingat, penambangan pasir secara ilegal dapat merusak lingkungan dan bisa dipidana sesuai UU Nomer 4 Tahun 2009 tentang Minerba,” tuturnya.

AKP Arpanol menegaskan pihaknya bakal mengambil langkah tegas apabila masih ada aktivitas penambangan pasir liar di wilayah yang telah di pasang plang larangan. ”Jika masih ada oknum yang melakukan penambangan liar, maka kita akan proses sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Laporan : H Sanditya lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali