Kedekatan Aswari Dengan Masyarakat Kecil, Menurut Mistam Adalah Alami dan Tidak Dibuat-Buat

0
120

Sumateranews.co.id, LAHAT- Seluruh kalangan masyarakat mulai tokoh setempat, kepala desa, kawan kecil, hingga guru menghadiri acara pamit cuti Saifudin Aswari Rivai dari Bupati Lahat. Mereka hadir sejak pagi, jauh sebelum Aswari tiba di lokasi.
Salah satunya Mistam (69) yang merupakan guru Aswari saat di SD Santo Yosef Lahat tahun 1977 mengingat betul muridnya itu memang dekat dengan masyarakat bawah sejak kecil. Kedekatan Aswari dengan masyarakat kecil menurut Mistam adalah alami dan tidak dibuat-buat.
“Wari ini orangnya kreatif dan suka bergaul dengan semua kalangan, bahkan sampai yang tua. Kemudian dia sangat menghormati gurunya, bahkan tukang kebun aja. Jadi kedekatan dengan masyarakat bawah itu memang tidak dibuat-buat,” ucap Mistam sambil berbincang dengan Aswari usai menghadiri acara pamit cuti dari Bupati Lahat di Lahat, Rabu (24/1/2018).

Kemudian ada Safarudin (56) yang merupakan kawan kecil Bupati Lahat dua periode itu di kampung halamannya, Desa Sukaratu, mengatakan Aswari kecil sudah memiliki sikap mengayomi, terlihat saat ia berinteraksi dengan teman-temannya.

“Saya ingat betul, Aswari itu sejak kecil sering mengayomi teman-temannya di kampung. Saya lihat memang kemampuan tersebut ada dalam diri Wari,” kata Safarudin.

Bertemu keduanya, membawa Aswari kepada ingatan masa kecil saat ia dibesarkan di Lahat. Ia melanjutkan, semua hal tersebut adalah salah satu di antaranya yang memberikan pengaruh besar terhadap pribadinya yang hingga seperti saat ini.

“Saya sangat senang di acara saya izin pamit cuti dari Bupati Lahat justru bertemu dengan kawan lama waktu di Kampung bahkan guru waktu SD Pak Mistam pun ada. Tadi sempet ngobrol-ngobrol sambil minta doa restu juga sekalian,” kata Aswari.

Bupati Lahat dua periode bersama istri menghadiri acara izin pamit cuti sebagai Bupati Lahat karena harus mengikuti serangkaian proses pemilihan kepala daerah (pilkada) Sumatera Selatan.
Aswari maju bersama Walikota Pangkalpinang M Irwansyah dan keduanya diusung oleh partai Gerindra dan PKS dengan total perolehan 15 kursi di DPRD Sumsel.

Laporan : Ig/Rel
Editor/Posting : Imam Ghazali