KECAMATAN SUNGAI PINANG GELAR PELATIHAN INFORMASI DESA

0
172

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir mengadakan Pelatihan Informasi dan Aplikasi Desa di Aula Serba Guna Kecamatan Sungai Pinang, Kamis (3-4/8).

Para peserta pelatihan mengutarakan akan pentingnya arus informasi desa. Arus informasi yang dimaksud adalah proses penyampaian data dan informasi, serta respon balik secara positif dan berkelanjutan, baik dari sumber informasi dan dari audien yang menerima informasi. Jadi antara sumber informasi dan penerima informasi idealnya harus terjadi komunikasi yang dinamis. “Dalam hal ini pemdes sebenarnya punya keinginan apa dalam distribusi informasi, dan masyarakat bagaimana dan undang-undang arahnya kemana,” ujar Ketua Panitia Pelaksana M.Patih Mutagi SE, Kamis (3/8/2017).

Dalam pelatihan, muncul juga permasalahan yang disampaikan peserta. Keberadaan portal desa dalam hal ini web desa, belum menjadi sumber informasi yang dapat diakses publik. Beberapa kendala infrastruktur dan lemahnya SDM dalam penyediaan data dan informasi menjadi tantangan bersama. Padahal banyak peristiwa penting di desa yang memiliki bobot informasi yang menarik.

Namun demikian, sudah beberapa desa yang mengembangkan sistem informasi desa dan kawasan. Pada awalnya atas fasilitasi pemerintah kabupaten dan kemudian portal desa dikelola sendiri oleh pemerintah desa untuk pengembangan.

Pelatihan dengan tema “Pengembangan dan Implementasi Desa”dibuka oleh Camat Sungai Pinang Saryani, SSos, yang diwakili oleh Sekcam Sungai Pinang Nirwana. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan EO Desa dan Pendamping Desa. Pelatihan ini dihadiri oleh 36 orang peserta yang berasal dari pemerintahan desa, yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Ofrator Desa se Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.
Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre