Kebakaran Lahan di PALI Kian Meluas

20

Sumateranews.co.id, PALI- Kebakaran lahan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus meluas. Pada Jumat (13/9) siang ini saja tercatat 17 titik api tersebar di lima kecamatan. Di antaranya di Sungai Baung, Simpang Bandara, Talang Subur, Pengabuan, Karang Agung, Prambatan, Betung dan Air Itam serta Danau Burung Tempirai Penukal Utara.

“Hari ini saja ada 17 titik api yang terpantau hotspot,” ujar Junaidi Anuar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI, Jumat (13/9).

Dikatakan Junaidi bahwa hingga saat ini sejak musim kemarau tahun 2019 ada 83 titik terdeteksi BPBD. Dalam melakukan pemadaman, Kepala BPBD temui beberapa kendala.

“Kendala kami adalah medan yang sulit dijangkau, juga sumber mata air yang minim, kemudian peralatan yang kurang. Namun demikian kami bertekad pantang pulang sebelum api padam,” tandas Junaidi.

Diakui Junaidi yang paling parah kebakaran ada di Kecamatan Abab.

“Api yang paling besar dan membakar lahan semi gambut ada di Desa Pengabuan Kecamatan Abab, melebar ke wilayah Desa Betung dan Karang Agung kemudian ke Prambatan. Lahan yang hangus sudah mencapai 75 hektar di Desa Pengabuan saja,” terangnya.

Untuk atasi kebakaran di Desa Air Itam, Junaidi telah meminta bantuan pihak PT Aburahmi.

“Peralatan kita terbatas, jadi kami meminta PT Aburahmi untuk bantu warga padamkan api,” tuturnya.

Laporan   : Anelka

Posting    : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here