KB Vasektomi di OI Kurang Peminat

0
127

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) Vasektomi untuk pria di Kabupaten Ogan Ilir masih kurang peminatnya. Kendalanya, mulai dari masalah anggaran hingga minimnya tentang pengetahuan dan sosialisasi kemasyarakat tentang alat kontrasepsi tersebut.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten OI, Drs,H Maulana Jamil MM, menjelaskan, saat ini pasangan usia subur di Kabupaten OI sebanyak 79.008.

“Sedangkan target pemasangan alat kontrasepsi di tahun 2017 sebanyak 12 ribu orang, dan hingga akhir tahun ini sudah hampir mencapai 11 pemasang,” jelasnya, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, dari beberapa alat kontrasepsi yang ada, seperti kondom, MOW, implant, suntik dan vasektomi, ada dua yang paling banyak diminati masyarakat. ‘’Sebanyak 10.820 peserta KB yang tercapai di tahun 2017 di bulan November. Yang paling dominan  yaitu implant sebanyak 2429 dan KB suntik sebanyak 5081, untuk Pasektomi 0 (MoP) Ziro,” jelas Jamil.

“Untuk vasektomi belum ada peminat, tapi tahun depan akan kita perhatikan juga,” tambahnya. Jamil berharap, agar program KB khusunya di Kabupaten OI mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat. Karena selain untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, juga untuk menurunkan angka kemiskinan. Untuk tenaga P2KBD, sebanyak di 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten OI. Insya Allah petugas kampung KB 16 orang, dan Balai KB 16 orang, dan akan ditambah tenaga fungsional 7 orang petugas yang telah diberi SK. Hal agar dapat mencapai target yang telah diinginkan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas P2KBP3AD. Banyak anak banyak rezeki, zaman sekarang sudah tidak ideal. Sebab kebutuhan ekonomi semakin meningkat,” tandasnya.

Laporan            : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting   : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article