Kawal Pilkades, Linmas Harus Netral dan Menjaga Kondusifitas

52
Anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang bertugas di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) diharapkan bisa netral dan menjaga Kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkades, yang akan dilaksanakan di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Kota Kayuagung, seperti di Desa Buluh Cawang, Serigeni dan Desa Tanjung Serang, pada Selasa 19 November 2019.

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG – Anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang bertugas di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) diharapkan bisa netral dan menjaga Kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkades, yang akan dilaksanakan di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Kota Kayuagung, seperti di Desa Buluh Cawang, Serigeni dan Desa Tanjung Serang, pada Selasa 19 November 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan S.STP saat apel siaga Pilkades bersama Kapolsek Kayuagung, Danramil Kayuagung bersama anggota Linmas se Kecamatan Kota Kayuagung dihalaman Kantor Camat Kayuagung, Rabu (13/11/2019).

“Saya tahu dan sangat mengerti bapak-bapak yang dipercaya sebagai anggota Linmas sejak mulai Pemilihan Bupati-Wakil Bupati OKI serta Pilgub-wagub Sumsel 2018, Pilpres dan Pileg 2019, bahkan saat ini masih dipercaya sebagai anggota Linmas, tugas ini merupakan tugas yang mulia, laksanakan tugas dengan baik, jangan terbawa arus mendukung salah satu kandidat calon kades,” jelasnya seraya mengingatkan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam pilkades ditempat tugasnya masing-masing, segera laporkan ke Polsek Kayuagung, Danramil Kayuagung atau juga ke pihak kecamatan, intinya “Jaga Netralitas dan Kondusifitas,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Danramil Kayuagung melalui Ali Yustama. Menurutnya, apapun nanti pilihannya, pihaknya meminta untuk selalu menjaga keamanan dan kondusifitas pilkades. “Karena kita semua adalah saudara, bedolor,” imbuhnya.

Begitu juga dengan Kapolsekta Kayuagung AKP Nasharudin SH dirinya mengatakan, anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) hari ini sengaja dikumpulkan terkait dengan akan dilaksanakannya Pilkades di beberapa Desa dalam wilayah hukum Kecamatan Kayuagung.

“Linmas memang harus netral, jangan ditunjukkan kalau ada yang didukung karena bapak-bapak menjaga di TPS. Dalam Pilkades ini hansip tidak ada, begitu juga dengan Panwaslu, panwascam yang ada hanya panitia desa lah yang menentukan sukses atau tidaknya pilkades tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, kalau nantinya ada yang dicurigai membawa senjata tajam atau alat-alat yang bisa membahayakan di TPS, agar jangan langsung main kekerasan. “Jangan karena pilkades kita tidak seteguran sama tetangga, setelah pemilihan tidak kita beritahukan juga kepada yang menang, tidak boleh bereforia atau melakukan kesenangan berlebihan,” sebut dia.

Setelah pilkades jangan mencari Kambing Hitam dan jangan mbuat orang lain marah terutama jangan mudah memposting dimedsos seperti di Facebook dengan menyebarkan isu atau berita yang tidak benar yang bisa memicu konflik, karena ada Undang-undang ITE, kalau terjadi yang demikian pelaku dapat dikenakan sanksi atau tindak pidana, “Mari Kita Jaga kebersamaan dan kondusifitas”, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, anggota linmas diberikan trik atau cara-cara menghadapi seseorang yang dicurigai membawa senjata tajam dan bagaimana cara mengatasinya.

Laporan : Aliaman

Editor     : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here