HeadlineKasus & PeristiwaMubaSumsel

Kawal Pemeriksaan Lahan, Ribuan Masyarakat 3 Desa di Bayung Lencir Serbu PT. PWS

MUBA – Forum Komunikasi Pemuda Kepayang Merang Bersatu ( FKMPKMB) bersama ribuan masyarakat dari Desa Kepayang, Desa Muara Merang dan Desa Mangsang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan berkumpul di halaman kantor PT. Pinang Witnas Sejati, pada Kamis, 6 April 2022.

Kedatangan massa ini, bertujuan untuk melakukan pengawalan proses pengecekan titik koordinat di lahan perkebunan kelapa sawit yang dikuasai PT. PWS. Di mana, sebelumnya berdasarkan kesepakatan mediasi saat proses sidang gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Sekayu beberapa hari lalu, kedua pihak baik tergugat dan penggugat sepakat melakukan pengecekan di lokasi lahan yang disengketakan.

Dengan kawalan ketat aparat Kepolisian dan TNI, warga berharap proses pemeriksaan setempat di lahan PT. PWS yang langsung dihadiri unsur Pemerintahan, Perusahaan dan Pengadilan Negeri Sekayu dapat diselesaikan secara adil.

“Perusahaan berusaha maksimal mengutamakan mediasi dengan penggugat sesuai arahan dan petunjuk majelis Hakim PN Sekayu. Harapannya, persoalan sengketa ini secepatnya dapat diselesaikan,” ujar Nurhasan SH MH, Kuasa Hukum PT. PWS.

Sementara itu, bersama masyarakat tiga desa, Ketua FKPKMB Isbandi dan tim Kuasa Hukumnya M Rudi Hartono SH MH, Azwardi SH dan Syaputra SH MH mengatakan, pihaknya bersama masyarakat akan selalu menjalankan arahan dari majelis Hakim PN Sekayu. Sebagai bentuk perjuangan untuk merebut kembali hak-hak masyarakat yang selama ini dikuasai PT. PWS, FKPKMB akan terus mengawal setap proses yang berjalan. Sehingga, keadilan dapat ditegakkan dan masyarakat yang selama ini telah dirugikan kembali mendapatkan haknya.

“Setelah bersama-sama melakukan pemeriksaan pada objek sengketa di lokasi PT. PWS ini, secara langsung memberikan gambaran yang akan menjadi pertimbangan pada proses selanjutnya. Walaupun prosesnya masih panjang, perjuangan merebut kembali hak-hak masyarakat yang telah dikuasai PT. PWS akan kami lakukan pengawalan sampai keadilan berpihak pada masyarakat,” kata Isbandi dan Tim Kuasa Hukumnya. (Hasbullah Anwar)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button