Kasus Covid-19 di Aceh Meningkat, Pemkab Aceh Singkil Gelar Rapat Antisipasi Penyebaran Covid-19

121
Menyusul terus bertambahnya kasus positif Cobid-19 di Provinsi Aceh, Pemerintah kabupaten Aceh Singkil langsung meresponnya dan melakukan rapat antisipasi penyebaran Covid-19 bersama beberapa SKPK.

Sumateranews.co.id, ACEH SINGKIL, – Menyusul terus bertambahnya kasus positif Cobid-19 di Provinsi Aceh, Pemerintah kabupaten Aceh Singkil langsung meresponnya dan melakukan rapat antisipasi penyebaran Covid-19 bersama beberapa SKPK.

Dalam rapat yang diselenggarakan di ruang tunggu kantor bupati tersebut mulai dari Bupati, Wakil Bupati dan pejabat sejumlah SKPK mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, Selasa (4/8/2020).

“Tamu yang datang dari luar daerah atau zona merah, diperiksa oleh petugas kesehatan Puskesmas serta melakukan isolasi mandiri,” terang Bupati.

Selain itu Bupati, juga menginstruksikan Kepala BPBD, Kadis Kesehatan dan Direktur RSUD Aceh Singkil, memastikan ruang isolasi pasien Covid-19, tempat karantina petugas medis, dan tempat karantina OTG dan PDP reaktif Corona berdasarkan hasil rapid tes siap pakai.

Bahkan, dirinya juga meminta semua Pegawai Negeri Sipil, Honor di lingkup Pemkab Aceh Singkil, untuk mematuhi protokol kesehatan, termasuk masyarakat yang ada di Aceh Singkil agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan.

“Sosialisasi dan pendisiplinan menjadi tanggung jawab masing-masing instansi. Misal Disperindag di pasar, Disparpora tempat wisata, dan Disdik di sekolah.

Asisten I dan Kabag Hukum, agar menyusun sanksi sosial untuk kita patuhi bersama bagi pelanggar protokol kesehatan,” tandas Bupati.

Bupati juga meminta agar segera membentuk pos antisipasi Covid-19 di titik keberangkatan jalur laut, memperketat pengawasan pos perbatasan, penumpang yang masuk ke Aceh Singkil, melalui jalur laut dari dari Simeulue, dan Gunung Sitoli wajib membawa hasil rapid test.

Dia juga memerintahkan Posko penanganan Covid-19 dipindahkan ke kantor bupati, untuk memudahkan koordinasi.

“Terakhir saya minta Dinas Syariat Islam, agar memberitahu imam masjid melaksanakan kunut nazilab dalam shalat lima waktu dan shalat Jumat,” tukasnya.

Sebelumnya, tepatnya pada Minggu (2/8/2020) kemarin, Bupati Aceh Singkil telah  melakukan pengecekan ruang isolasi pasien virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil di Desa Gunung Lagan.

“Ini adalah antisipasi kita terkait meningkatnya pasien yang positif covid-19 di Aceh,” tuturnya, saat melakukan pengecekan saat itu.

Laporan : Ramail III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here