Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI Ke-72 Tahun

0
221

OKI.Sumateranews.co.id Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten OKI ditutup dengan kemeriahan dan semarak karnaval budaya sekaligus pesta rakyat,(19/8) di Kecamatan Kota  Kayuagung.

Terlihat arak-arakan karnaval budaya diikuti ribuan peserta berbagai utusan seperti sekolah mulai dari TK,SD,SMP/MTS,SMA/SMK/MA maupun dari Peguruan Tinggi UNISKI Kayuagung, instansi pemerintahan maupun organisasi serta para peserta utusan dari berbagai Kecamatan diwilayah Kab.OKI di jalanan protokol Kabupaten OKI. Konvoi dimulai pukul 12.30 WIB hingga selesai.

Start dimulai dari depan kantor Lurah Sukadana Kayuagung, rombongan berjalan kaki menuju pinggiran Sungai Komering dan finish di depan Gedung Kesenian. Setiba di finish, mereka disambut Bupati OKI H Iskandar, SE dan isteri serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab OKI.

Para peserta setiap rombongan unjuk penampilan dan kebolehan  dengan memakai pakaian adat berbagai daerah di Tanah Air serta atraksi silat Nusantara,juga menampilkan kesenian daerah lokal seperti Tanjidor (Pedamaran), Reog (Mesuji), Midang (Kayuaguang) dan ciri khas kecamatan lainnya. Bahkan banyak juga yang menggunakan atribut pejuang, pahlawan dan berbagai profesi.

Semarak kian terlihat karena peserta dikawal grup marching band sekolah lokal. Penampilan peserta menyedot perhatian penonton yang jumlahnya diperkirakan capai  puluhan ribu. Mereka memadati sisi kiri dan kanan jalan rute peserta hingga garis finish.

Bupati OKI H Iskandar SE didampingi Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari tampak semangat dan kagum melihat penampilan peserta. Bupati seringkali berdiri melambaikan tangan dan senyum kepada setiap rombongan yang melintasi panggung tempat bupati duduk.

“Karnaval seperti ini harus dipertahankan di terus ditingkatkan ke depan. Pemkab OKI tentu sangat mendukungnya,”ucap Iskandar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI, Ir Ifna Nurlela mengatakan, karnaval budaya diharapkan tidak sekedar menjadi tontonan melihat orang jalan-jalan saja.

“Namun kita berusaha event ini benar-benar menjadi ajang promosi tentang potensi wilayah di Kabupaten OKI kepada masyarakat, sehingga melalui karnaval budaya, potensi OKI benar-benar dapat dikembangkan,”terangnya.

Laporan  : Aliaman

Editor   : Imam Ghozali

Posting  : Andre