Kapolres Prabumulih; JIka Mengetahui Terjadi KDRT Dilingkungannya, Laporkan ke Polisi

0
156

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM meminta masyarakat yang melihat atau mengetahui terjadi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dilingkungannya, agar segera melapor ke kantor polisi terdekat.
“Apabila mengetahui ataupun melihat adanya tindak pidana KDRT dilingkungan tempat tinggalnya, jangan segan untuk melapor kepada pihak kepolisian maupun ke RT/RW setempat,” ungkap Kapolres, saat melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di aula Praja Husada RSUD Prabumulih, Senin sore kemarin.
Dikatakan Andes, bagi pelaku tindak pidana KDRT akan ada sanksi hukum tegas sesuai peraturan Undang Undang yang berlaku.
“Dan bagi pelakunya dapat diancam hukuman berat dan penyidik kepolisian siap menangani kasusnya sekaligus menyeret pelaku ke pengadilan dan mengenakan pasal yang sesuai UU itu,” tegasnya.
Masih dikatakannya, jajaran Polres Prabumulih juga terus mensosialisasikan Undang-Undang Perlindungan Anak dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) kepada masyarakat hingga ke pelosok desa dan kelurahan.
“Seluruh jajaran Polres maupun polsek-polsek yang ada sudah kita instruksikan agar menyosialisasikan UU Perlindungan Anak dan KDRT kepada masyarakat hingga ke desa-desa supaya mereka mengetahui aturan hukumnya,” imbuhnya.
Dijelaskan Kapolres, dalam UU Perlindungan Anak dan KDRT sudah jelas diatur mengenai perlindungan bagi setiap orang dalam mendapatkan perlindungan hukum dari negara, begitu juga terhadap korban bisa melaporkan kasusnya ke aparat kepolisian.
“Dalam hidup berumah tangga sesama suami istri kita harus saling mengerti dan saling mendukung terhadap satu sama lain, jangan terlalu menuntut kepada suami atau istri, hindari pertengkaran-pertengkaran yang tidak perlu dilakukan,” tandasnya.
Tampak dalam acara sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang digelar Polres Prabumulih di aula Praja Husada RSUD Prabumulih itu, dihadiri Ketua TP PKK kota Prabumulih, Hj Ngesti Rahayu Ridho, Wakil Ketua TP PKK, Hj Reni Indrayani Fikri serta rombongan ibu Bhayangkari Polres Prabumulih beserta ibu-ibu dari Persit Yon Zipur 2/SG. Selain itu, juga turut hadir rombongan IPEMI Kota Prabumulih dan organisasi kewanitaan lainnya.
Laporan : Abdullah Donni
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article