HeadlinePalembangPolriSumsel

Kapolda Sumsel Buka Pelatihan Kemampuan Personil Penanganan Karhutla

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM membuka acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil Polda Sumsel dalam rangka Pencegahan, Penanganan dan Penegakkan Hukum Karhutla di Wilayah Hukum Polda Sumsel di Lapangan Komplek Pakri Palembang, Kamis (9/7).

Wilayah Sumsel seperti kita ketahui masih memiliki banyak sekali hutan dan lahan perkebunan yang sangat luas sehingga ini dapat memicu terjadinya Karhutla. Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Wilayah Sumsel disebabkan oleh beberapa faktor. Dua faktor yang paling besar penyebabnya adalah :

  1. Pergantian musim kemarau sehingga menimbulkan beberapa titik api dibeberapa wilayah.
  2. Adanya indikasi unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat yang merupakan cara yang murah dan mudah untuk mempersiapkan lahan yang siap ditanami kembali dengan cara sengaja dibakar.

Untuk itu peran Personil khususnya Babinkamtibmas sangatlah besar untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadinya karhutla diwilayah masing-masing. Kapolda mengucapkan terimakasih untuk rekan-rekan Babinkamtibmas yang telah bekerja luar biasa selama ini.

“Rekan-rekan Babinkamtibas itu multitasking kalo kita sebut dalam sebuah manajemen, karena memiliki banyak sekali kemampuan,” ujarnya.

Ilmu memadamkan api itu sebenarnya tidak ada tetapi kita harus mampu memadamkan api padahal kita hanya mempunyai modal keberanian saja untuk memadamkan api. Oleh karena itulah menjadi pertimbangan kita untuk mengadakan pelatihan pencegahan, penanganan dan penegakkan hukum karhutla ini. Nantinya juga saya mengharapkan untuk daerah jajaran Polres-Polres ataupun juga Polsek-Polsek yang daerahnya rawan terjadinya karhutla untuk melakukan pelatihan yang sama agar dapat mencegah terjadinya karhutla diwilayah masing-masing. Dengan tetap tidak mengabaikan aturan-aturan atau SOP yang berlaku.

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Personil atas kerja kerasnya selama ini dan telah semangat untuk berlatih. Saya pun mengingatkan kepada seluruh personil untuk tetap menjaga kesehatan apalagi saat ini kita masih dalam Pandemi Covid-19 yang memasuki Fase New Normal  sehingga Protokol Kesehatan harus tetap dijalankan disaat kita melakukan berbagai macam pelaksanaan tugas kita sehari-hari,” imbuhnya.

Laporan : King III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button