Kandaskan Jepang di Final, Korsel Raih Emas Asian Games 2018

0
129
Son Heung Min tengah berduel dengan pemain Jepang Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/20180901/hasil-akhir-sepak-bola-asian-games-2018-korsel-vs-jepang. Foto: Antara/Inasgoc

Sumateranews.co.id, JAKARTA  ̶  Korea Selatan meraih medali emas Asian Games 2018 cabang sepak bola putra, setelah menundukkan Jepang 2-1, pada laga final di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (1/9/2018). Gol Jepang dicetak Ayase Ueda (115), sementara gol Korsel diciptakan Seung Woo Lee (93) dan Hee Chan Hwang (101).

Sepanjang pertandingan, Jepang melepaskan tiga tembakan jitu dari tujuh usaha, dengan penguasaan bola 38 persen. Adapun Korea Selatan melepaskan delapan tembakan akurat dari 18 percobaan.

Bagi salah satu pemain senior Korsel, Heung Min Son, kemenangan itu berarti lebih dari sekadar medali. Bagi pemain Tottenham Hotspur ini, medali emas berarti bebas dari kewajiban mengikuti wajib militer. Tentu saja, hal ini juga menguntungkan Tottenham karena mereka tak lagi perlu khawatir Son akan absen dalam masa kontrak karena mengikuti wajib militer. Sebagai catatan, durasi wajib militer di Korsel adalah 21-24 bulan.

Menurut undang-undang di Korsel, pria berusia 18-35 tahun wajib menjalani wajib militer selama 21-24 bulan. Untuk Son, ia diperkirakan akan masuk wajib militer pada 2020 atau saat ia berusia 28 tahun.

Pengecualian bisa diberikan kepada atlet yang dinilai berprestasi maksimal pada Olimpiade, Asian Games, dan Piala Dunia, seperti para pemain tim nasional Korsel pada Piala Dunia 2002.

Keputusan Tottenham mengizinkan Son mengikuti Asian Games 2018 bisa dinilai luar biasa, mengingat Asian Games bukan agenda resmi FIFA sehingga klub tidak wajib melepas pemain. Namun, mengingat Son baru memperpanjang kontrak berdurasi lima musim pada Juli 2018, keputusan Tottenham memberikan kesempatan bagi Son meraih medali emas Asian Games merupakan keputusan yang bisa dipahami.

Spurs tidak tanggung-tanggung mendukung Son di Asian Games. Selain mengangkat moral dengan memberikan kontrak baru, Spurs juga menyertakan Son dalam tur pramusim mereka supaya Son bisa menjaga kondisi fisik dan performanya.

Mengenai korelasi antara prestasi di Asian Games dan wajib militer, Korsel punya cerita menarik pada Asian Games 2018 ini. Pepanah Korsel Kim Woo Jin meraih medali emas nomor individual recurve putra yang digelar pada Selasa (28/8/2018). Ia mengalahkan rekan senegaranya, Lee Woo Seok yang meraih medali perak. Dengan meraih medali perak, Lee Woo Seok akan menjalani wajib militer.

 

 

Sumber : Bolalob

Editor    : Syarif