Kampanye di Pemilu 2019, Ini Pesan Bravo-5 dari Tim Jokowi-Ma’ruf Amin

66
Ketua Bravo-5 Lampung Dr. H. Andi Desfiandi, M.A., mengajak rakyat, elite, dan pemangku kepentingan Pemilu 2019 santun politik, berkampanye cerdas dan beradab, selama masa kampanye 23 September 2018-13 April 2019. (foto: ist)

Sumateranews.co.id, BANDARLAMPUNG – Masa kampanye pemilu mulai 23 September lalu dan berakhir 13 April 2019 mendatang.

Hal itu tak luput dari gendang talu Bravo-5 Lampung, relawan pemenangan Pilpres 2019 paslon capres-cawapres RI 2019-2024 nomor urut 1, petahana Ir. H. Joko Widodo-Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin.

Melalui keterangan pers, Bravo-5 mengimbau 9,45 juta jiwa rakyat Lampung dan 265 juta rakyat Indonesia, para elit, dan segenap pemangku kepentingan pemilu, senantiasa mengedepankan kesantunan politik selama musim kampanye.

“Mari teladani, ujaran Kepala Negara, Presiden Joko Widodo, agar semua anak bangsa, hindari niat dan tindakan, yang namanya menyebarkan berita bohong (hoax), berita palsu, apalagi fitnah, dan ujaran kebencian. Mari kita hindari saling hujat antarpendukung capres-cawapres,” ujar Ketua Bravo-5 Lampung Andi Desfiandi mengingatkan, dari Bandarlampung, Rabu (26/9/2018).

Bicara persatuan dan kesatuan, Andi menajamkan, bangsa ini bisa merdeka, bisa tetap tegak berdiri hingga hari ini karena tetap bersatu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Bravo-5 mengimbau relawan dan rakyat pendukung paslon, terutama Jokowi-KH. Ma’ruf Amin, tetap terus menghadirkan kesejukan, dengan mengedepankan kampanye dialogis yang logis, kampanye kreatif tetap objektif, cerdas, dan beradab.

“Di tengah kemajuan pesat teknologi informasi saat ini, segalanya jadi mudah, jadi cepat. Tapi, kemajuan itu jangan sampai ‘salah kamar’, disalahgunakan. Apalagi melakukan kampanye hitam yang bisa merusak tatanan persaudaraan dan sendi-sendi persatuan kita sebagai sebuah bangsa. Bangsa besar pula,” ujar Andi.

Pria berkacamata berdarah Lampung-Minang dan medio Pemilu 2014 notabene pendukung berat bahkan sempat mendirikan organ relawan sendiri bernama Waroeng Jokowi ini, meminta pengurus Bravo-5 Lampung, DPC kabupaten/kota se-Lampung, serta relawan Bravo-5 di seluruh Indonesia dan luar negeri, menjadikan media sosial sebagai senjata legal kampanye kreatif yang efektif, mengusung kebajikan, bukannya alat menebar ujaran kebencian.

“Fakta membuktikan, mayoritas rakyat lebih suka, kampanye santun, dan beradab. Bagus mana, 1 x 24 jam ‘bersenggama’ dengan reproduksi berita palsu, hoax, atau hate speech, dengan menurut saya yang jauh lebih smart, proaktif mempromosikan keberhasilan calon yang kita dukung,” tegasnya.

“Ambil misal, capaian pembangunan pertanian, program Dana Desa, reforma agraria, kemandirian pangan dan energi, hingga infrastruktur berkeadilan, Indonesia-sentris, yang sukses Pak Jokowi lakukan selama memimpin, sejak dilantik 20 Oktober 2014 sampai detik ini,” tegas salah satu dari 75 peraih gelar eksekutif muda Indonesia pilihan dua tahun berturut-turut, 1996-1997 silam ini.

Juga, program kampanye Nawacita II dan kiprah pembangunan yang akan dilakukannya periode mendatang, bersama KH. Ma’ruf Amin. Atau menyampaikan aneka bukti keteladanan Jokowi terhadap keluarga dan mayoritas rakyat Indonesia.

Didampingi Bendahara Bravo-5 Lampung, Ary Meizari Alfian, Andi meminta relawan Bravo-5 berjuang riang gembira, sungguh-sungguh, dan tidak terlalu menanggapi komentar nyinyir pendukung calon lain.

“Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 23 September kemarin, bukankah semua pihak sepakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya lagi, mengingatkan.

Menyinggung kampanye paslon 1 oleh Bravo-5 sendiri, pria yang menghabiskan masa remajanya di kota hujan, Bogor itu menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan matang detailing program kerja pemenangan Jokowi-KH. Ma’ruf Amin jauh sebelum kampanye tiba.

Merujuk hasil Rakerda Bravo-5 Lampung 7 Juli lalu, Andi mengaku akan berkoordinasi super intens, guyub bareng Tim Kampanye Daerah (TKD) paslon 1, para pimpinan, kader, anggota, dan simpatisan koalisi 9 parpol pengusung-pendukung. Tentu juga dengan organ relawan Jokowi-Ma’ruf lainnya.

“Bersinergi, baik dengan TKD maupun relawan pendukung, memenangkan Jokowi untuk memimpin dua periode, jauh lebih cerdas ketimbang habis energi membalas nyinyir dengan anyir, membalas tuba dengan noda,” katanya.

Walau jauh dari kata sempurna, sebagai pendukung petahana, kerja-kerja kami para relawan harusnya lebih paripurna.

Insha Allah, Andi optimistis, dengan ridha Allah melalui tangan-tangan tulus rakyat Indonesia yang tiada putus mendukung sukses kepemimpinannya, akan mampu mengantarkan Jokowi terpilih-terlantik kembali jadi Presiden RI untuk periode kedua.

“Mengejar pemajuan, menuju gerbang Indonesia Maju, figur Jokowi-KH. Ma’ruf Amin amat sangat dibutuhkan. Agar Nawacita II dan Trisakti, serta tujuan pemerintahan Negara Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta memelihara ketertiban dunia, terwujud adanya,” tandas Andi.

Laporan          : Muzzamil
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here