Crime HistoryHeadlineNusantaraPolri

Kakorpolairud Baharkam Polri Pimpin Uji Coba Peluncuran KP. BHARATA – 8004 di PT DRU, Tanjung Priok

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., memimpin pelaksanaan uji coba turun ke air proyek pengadaan Kapal Patroli Polisi 63 meter KP. Bharata – 8004 program PDN TA 2017, pada Selasa (02/06/2020) pukul 21.30 Wib bertempat di PT. Daya Radar Utama (DRU), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kakorpolairud mengatakan, bahwa Peluncuran KP. Bharata – 8004 ke air karena 85 persen pekerjaan di galangan atas sudah selesai dan tinggal 15 persen untuk finishing yang diperkiran butuh waktu 3 bulan lagi, peluncuran KP. Bharata – 8004 juga merupakan rangkaian bentuk pembangunan Kapal Polisi klas A2.

Hal itu juga dilakukan sebagai penambahan alutsista dan memperkuat armada bagi Kepolisian perairan. Ia juga mengatakan, kapal polisi tersebut merupakan kapal terbesar kedua setelah KP. Yudistira – 8003 yang akan dimiliki Korpolairud dengan spesifikasi: panjang 63 meter, lebar 11,35 m. Kapal ini merupakan pengadaan kapal patroli sumber pembiayaan pinjaman dalam negeri (PDN) tahun anggaran 2017.

“Pembangunan kapal kelas A ini adalah sangat penting bagi Kepolisian Perairan, mengingat kapal merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas kepolisian, khususnya di wilayah perairan serta untuk menjaga harkamtibmas dan penegakan hukum di perairan Indonesia yang sangat luas sehingga perlu sarana prasarana pendukung tugas berupa alat utama kapal-kapal patroli polisi yang dapat diandalkan,” ujar Irjen Pol Lothatia Latif, S.H., M. Hum.

“Tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, baik internal maupun eksternal, yang telah mendukung Polri khususnya Korpolairud, dalam proses pengadaan sampai proses pembangunan KP. Bharata – 8004 proses pengembangan, perancangan sampai pembangunan fisik kapal, dengan memberdayakan potensi dalam negeri melalui PT Daya Radar Utama (DRU) yang melibatkan skill anak bangsa, patut kita apresiasi setinggi-tingginya,” Lanjut Irjen Pol Drs. Lothatia Latif S.H., M.Hum.

Selanjutnya, peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirene yang dilakukan oleh Kakorpolairud Baharkam Polri didampingi Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Pejabat Utama Korpolairud dan Ditpolair serta Dirut PT DRU.

Laporan : Agungeri III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button