Kades Pelajau Prioritaskan Pembangunan yang Menyentuh Masyarakat

27

Sumateranews.co.id, BANYUASIN — Sejak dipercaya menjadi Kepala Desa (Kades) oleh masyarakat Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Edi Anhar terus menorehkan pembangunan desa yang telah dipimpinnya.

Kades Edi Anhar selalu memprioritaskan pembangunan yang menyentuh masyarakat luas, bagi di dalam desa maupun di luar desa. Bangunan yang telah dilaksanakannya yakni, membangun peningkatan pengerasan jalan yang menghubungkan dusun ke dusun dalam desa.

Membangun siring yang juga sebagai penahan badan jalan agar tidak tergerus oleh derasnya air yang mengalir di atas badan jalan dan juga termasuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kades Edi Anhar mengatakan, kepercayaan masyarakat harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena untuk membangun desa tidak semudah yang dipikirkan sebelumnya. Karena ada juga masyarakat yang tidak mendukung sepenuhnya dalam pembangunan dan juga dalam perbedaan politik dalam pemilihan kades sebelumnya.

Tetapi, atas kerja keras dan terus bersama warga, akhirnya warga Desa Pelajau untuk membangun desa dan terbukti apa yang telah diberikan oleh pemerintah melalui anggaran dana desa dan alokasi dana desa, pembangunan bisa berlangsung dengan baik hingga masuk pekerjaan 100 persen.

“Sekarang ini tidak ada perbedaan antara warga dengan pemerintah. Semua bersatu untuk membangun desa,” kata Kades Edi Anhar saat dibincangi media ini, Kamis (25/07).

Upaya keras Desa Pelajau untuk membangun desa, memang luar biasa geliarnya. Berbagai bangunan infrastruktur jalan sudah terpenuhi dengan kondisi jalan desa semua sudah pengerasan jalan.

“Melalui Dana Desa tahap pertama tahun 2019 kita kembali memprioritaskan membangun siring jalan di wialayah dusun I dan dusun II dengan volume 307 M X 50 CM X 50 CM. Dan ini sudah berdasarkan musyawarah desa yang melibatkan BPD dan tokoh masyarakat.

“Sementara untuk tahapa kedua, untuk pemberdyaan yakni untuk kegiatan MTQ pada Idul Adha nanti, penggelaran adat, karnaval Pada 17 Agustus nanti, pelatihan

Linmas, kegiatan PPK, Paskibraka dan Kapasitas kegiatan Bimtek di Yogyakarta dan Penguatan modal Bumdes,” terangnya.

Kades Edi juga menuturkan, berkat adanya dana desa bisa menimbulkan kemajuan pembangunan di desa saya dan saat ini pembangun desa bisa berjalan signifikan sehingga masyarakat merasakan adanya pembangunan tersebut.

Ditambahkannya Kades Edi, Dana Desa yang diterima di desanya untuk menyelenggarakan pembangunan fisik dan nonfisik, yang sebelumnya sudah saya musyawarahkan kepada perangkat desa dan warga desa mosdus dan musdes. ‘’Dan semua alokasi yang akan saya bangun ditahun ini sesuai persetujuan dan kebutuhan warga Desa Pelajau. Maka kami pihak desa akan membangun.

Dilanjutkan Kades Edi, berkat dana desa itu, sudah banyak kegiatan pembangunan desa dilaksanakan. ‘’Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menggelontorkan Dana Desa khususnya di Desa Pelajau yang sudah terlaksana. “Dan saya menyatakan pula bahwa partisipasi masyarakat untuk membangun desanya cukup tinggi, dengan adanya DD diharapkan partisipasi itu juga terus meningkat,” tandasnya.

Hal senada yang ucapkan oleh salah satu tokoh masyarakat Desa Banjarwangi, di tempat yang berbeda, Lamrek 50 tahun mengucapkan ribuan terima kasih adanya anggaran dari pusat yang dikucurkan ke desanya. ‘’Sehingga dapat meningkatkan kemajuan desa kami, dan kami sekarang merasakan perkembangan yang di bangun oleh pihak desa,” tutupnya.

 

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here