Kades dan Perangkatnya Ikuti SID

0
117
Teks foto: Camat Rantau Panjang saat membuka kegiatan SID. (foto: lubis)

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR – Dengan berkembangnya sistem informasi online secara cepat, maka hingga saat ini telah tercatat 13 desa di Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir sudah menggunakan sistem secara online untuk memberikan berbagai informasi penting kepada masyarakat.

Hadir di acara Sistem Pelatihan Desa (SID) di Kecamatan Rantau Panjang Antara lain Yuniarti SIP, Camat Rantau Panjang, Irawadi S.Ag Tenaga Ahli, dari Komimpo Fredy, dan Pendamping kecamatan, Pendamping Lokal Desa, serta 14 Kepala dan Sekretaris Desa serta perangkatnya.

Narasumber dari Komimfo Kabupaten Ogan Ilir Fredy mengungkapkan, tujuan utama digunakannya sistem informasi desa secara online adalah untuk memberikan berbagai informasi penting kepada warga desa.

“Beberapa kegunaan SID online antara lain memberikan publikasi program desa, pengelolaan keuangan desa, dan sebagai sarana promosi produk desa, serta potensi yang ada di desa ini,” ungkap Irawadi Tenaga Ahli Kabupaten OI, SID online sendiri hingga saat ini akan digunakan oleh desa se-Kabupaten Ogan Ilir. Kendati demikian beberapa waktu lalu Kabupaten Ogan Ilir telah mengadakan pelatihan mengenai SID di Tanjung Senai.

“Untuk di Kecamatan Rantau Panjang sendiri, kami akan menggunakan SID berbasis online tahun ini.Sedangkan yang mengaplikasikannya adalah dari seluruh perangkat desa dan melibatkan beberapa pemuda,” cetusnya.

Selain itu, dijelaskan bahwa SID tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sistem olah data untuk kependudukan dan pelayanan publik.

“Kita bisa mencari data penduduk secara cepat by name ataupun by address,” pungkasnya.

Laporan           : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali