Jual Sabu 98,7 Gram Untung, Diganjar 13 Tahun  

0
213

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Terbukti menjual narkotika golongan I bukan jenis tanaman melebihi lima gram dengan berat 98,7 gram, Untung Riadi (40) divonis penjara 13 tahun oleh majelis hakim, sebagaimana dalam dakwaan kedua pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009. Amar putusan ini dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang, Kamis (14/9).

“Keterangan saksi-saksi dan bukti unsur perbuatan terpenuhi menjadi perantara jual beli narkotika, menghukum terdakwa Untung Riadi selama 13 tahun penjara dikurangi selama terdakwa menjalani masa penahanan sementara,”jelas majelis hakim Adi SH MH ketika membacakan amar putusan.

Adi mengatakan, selain dijatuhi hukuman pidana, terdakwa Untung Riadi juga dibebani pidana denda sebesar Rp 1 Miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka dapat diganti dengan kurung penjara selama enam bulan.

“Barang bukti satu paket besar narkotika jenis Sabu dengan berat 98,7 gram dibungkus plastik klip transparan dan dua unit handpone dirampas untuk dimusnahkan,”ungkapnya.

Menurut Adi ,setelah mempertimbangkan hal-hal yang meringankan dan hal-hal yang memberatkan. Hal yang meringankan perbuatan kedua terdakwa karena sopan dipersidangan serta mengakui segala perbuatannya. Hal yang memberatkan perbuatan‎ dengan alasan tidak mendukung program pemerintah guna memberantas peredaran narkoba.

“Putusan ini dapat diterima atau pikir-pikir, jika tidak puas maka dapat menolak dengan upaya mengajukan banding,” ungkapnya.

Pada persidangan sebelumnya terdakwa yang tercatat sebagai warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Lorong Mangga II, RT 14, RW 04, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan IT II Palembang ini didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Sumsel, Murni SH dengan pidana penjara selama 15 tahun serta pidana denda sebesar Rp 1 Miliar subsider sepuluh bulan penjara. Selanjutnya terdakwa didampingi kuasa hukumnya menyatakan sikap menerima hukuman tersebut.

“Saya terima pak hakim,” kata terdakwa sembari menundukan kepala.

Sementara dalam kasus yang sama, terdakwa M Junadi (43) dinyatakan hakim bersalah melakukan pemufakatan jahat menjual narkotika golongan I bukan tanaman, pada akhirnya dihukum selama 14 tahun dikurangi selama menjalani masa penahanan sementara serta pidana denda sebesar Rp 1Miliar subsider enam bulan kurungan penjara.

 

 

Laporan  : SU

Editor     : Syarif