HeadlineHiburanNasionalSecond Headline

Jokowi Ungkap Ekspor Industri Pertambangan Berikan Kontribusi Besar Bagi Perdagangan Indonesia

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo pagi tadi mengungkapkan, bahwa ekspor dari industri pertambangan telah memberikan kontribusi yang besar kepada neraca perdagangan Indonesia.

“Akan tetapi, dunia sudah menuju kepada energi yang ramah lingkungan. Maka, saya mengajak para pelaku industri tambang untuk melakukan hilirisasi produk pertambangannya,” imbau Jokowi.

Bahkan Jokowi meminta para pelaku usaha pertambangan untuk mulai memproses hasil pertambangan menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

“Didepan para anggota Asosiasi Pertambangan Indonesia di Jakarta kemarin, saya menyampaikan agar mereka mulai memproses barang-barang tambang kita ini menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Nikel dan tembaga, misalnya, bisa menghasilkan berbagai produk turunan yang bernilai tambah sekian kali lipat dari bahan mentahnya,” jelas Jokowi.

Dengan hilirisasi produk, menurut Jokowi hasil tambang akan memiliki nilai tambah dan multiplier effect yang besar, termasuk dalam penciptaan lapangan kerja.

Laporan : Agungeri

Editor.    : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button