Jika 6000 Ha, Perusahaan Bangun Pabrik

0
249

Sumateranews.co.id, SEKAYU- Perusahaan-perusahaan besar bakal membangun pabrik pengolahan kelapa sawit jika pemerajaan atau replanting kebun kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin mencapai 6000 hektar.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, sesaat sebelum dimulainya acara resmi lounching replanting kebun kelapa sawit di Kabupaten Muba dan penyerahan sertifikat tanah yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin, Jumat (13/10/2017).

“Nanti kita akan ada penandatanganan kesepakatan antara perusahaan dan pihak koperasi petani. Dengan pembangunan pabrik diharapkan masyarakat tidak susah-susah menjual hasi perkebunan kelapa sawit dan harganya juga bisa stabil,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Amran Pemerintah akan memberi bantuan bibit kelapa sawit yang hasilnya bisa mencapai delapan ton CPO per hektar.

“Perusahaan besar juga akan menjelaskan bagaimana menanam dan memelihara kelapa sawit agar bisa mencapai hasil delapan ton per hektar,” tambahnya.

Sementara itu Kementrian Agraria mengatakan dalam acara tersebut akan diserahkan 1300 sertifikat tanah kepada petani sawit.

Laporan : Hasbullah
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre