Jemput Bola, Disdukcapil PALI juga Bidik Sekolah Luar Biasa (SLB)

16

Sumateranews.co.id, PALI- Pelayanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bukan hanya membidik sekolah-sekolah umum saja, tetapi juga mengajak pelajar yang menimba ilmu pada Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk melakukan perekaman KTP elektronik bagi yang telah berusia 17 tahun dan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi pelajar di bawah 17 tahun.

Diakui Rismaliza, Kepala Dinas Dukcapil PALI bahwa kegiatan jemput bola itu untuk memberikan pelayanan terhadap pelajar yang berkebutuhan khusus.

“Semua warga sama dan memiliki hak sama sebagai warga negara. Jadi kita lakukan pelayanan jemput bola agar seluruh pelajar di SLB memiliki administrasi kependudukan, dari KIA, KTP ataupun akte kelahiran,” ungkap Rismaliza, Minggu (8/9).

Setelah sebelumnya dikatakan Rismaliza bahwa pihaknya juga telah berkeliling melakukan jemput bola terhadap warga disabilitas.

“Kita turun langsung dan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk melakukan pendataan serta langsung pelayanan perekaman meski daerah yang dijangkau terpencil atau di pelosok,” tukasnya.

Rismaliza juga bakal mendatangi sekolah-sekolah lainnya agar diakhir tahun 2019 mendatang, seluruh anak atau pelajar dari TK sampai SMA sudah miliki KIA dan KTP elektronik.

“Wujudkan PALI terbit Adminduk harus seluruh warganya miliki administrasi kependudukan, serta dari Disdukcapil juga tidak akan berhenti lakukan pelayanan jemput bola meski target lebihi harapan. Sebab, angka kelahiran akan terus terjadi yang tentunya harus didata untuk pembuatan KIA, dan kami ingin memastikan tidak ada lagi warga yang belum miliki adminduk terutama identitas diri,” pungkasnya.

Laporan    : Anelka

Posting    : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here