Jembatan Watervang Direnovasi

95

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU-Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII Sumsel akan melaksanakan proses rehab papan atau lantai jembatan gantung di bendungan Watervang peninggalan Belanda di RT 05 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I ditargetkan selesai sebelum bulan puasa.

“Sekarang ini tahap jembatan lagi finishing,” kata Pelaksana Teknik Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII Sumsel, Aan, Senin (7/5).

Menurutnya, rehab jembatan gantung Watervang yakni mengganti sejumlah papan lantai yang kondisi sebelumnya sudah rusak atau lapuk dan diganti papan baru. Kemudian dilakukan proses pengecatan.

“Karena sudah dalam kondisi kayu sangat darurat, maka perlu waktu untuk menyelesaikannya, mengingat mau lebaran, daerah wisata Watervang harus kita benahi. Tapi pengerjaan harus tetap memperhatikan SOP,” ungkapnya.

Kata Aan, pengerjaan rehab papan lantai serta pengecatan jembatan sudah berjalan 11 hari hingga dengan Senin (7/5). Pihaknya mengakui, sebelumnya bahwa Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi telah melakukan peninjauan langsung ke jembatan gantung Watervang. Dan apa saran serta masukan Walikota, tentunya oleh pihak BBWS tampung.

“Bukan jembatan saja, termasuk badan bendungnya kita cat semua, kita tebas biar bersih,” jelasnya.

Selain itu, Aan menambahkan, pihaknya memiliki wacana untuk mendesain ulang papan jembatan gantung dengan menggunakan pelat. Namun jika untuk mengubah jembatan Watervang harus dilakukan desain ulang.

“Ini masih wacana. Kalau anggaran turun kita kerjakan. Namanya ngusul. Cuma kalau ingin mengubah menjadi pelat, harus didesain ulang. Tidak bisa, karena selingnya untuk kayu,” kata Aan.

Karena itu, sementara untuk saat ini pihaknya merehab papan lantai jembatan gantung masih menggunakan kayu. “Kita kembali ke kayu dulu untuk sementara. Agar masyarakat bisa beraktivitas,” pungkasnya.

Laporan          : Donna  April

Editor/Posting : Imam Ghazali

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here