Jemaah Masjid Al Ghazali Unsri Rutin Tadarusan

0
309

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sebagaimana imbauan Ketua Masjid Al Ghazali Unsri, Prof Imron Zahri, bahwa jemaah masjid untuk terus menggelar tadarusan seusai Shalat Taraweh, maka hingga kini hal itu terus dilaksanakan.

‘’Tadarusan ini rutin kita laksanakan setiap bulan Ramadhan sebagaimana rutinnya wejangan buka puasa yang kita siapkan untuk para jemaah dan musafir. Dan untuk tahun ini, kita juga akan melaksanakan dan menyiapkan makan sahur buat mereka yang iktiqaf di mesjid pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan,’’ ujar Imron kepada Sumateranews.co.id, Senin (21/5) seusai Shalat Taraweh.

Dalam pantauan selama 6 kali pelaksanaan Shalat Taraweh, jemaah Masjid Al Ghazali Unsri ini banyak didominasi kaum muda. Sekitar 200 lebih jemaah setiap malamnya khusyuk melaksanakan Shalat Isyak, Kultum, Taraweh, dan Witir dengan bilal secara bergantian di antara jemaah.

Khusus untuk tadarusan, pembacaan Al Quran tampak dimotori oleh Ropingan, H. Sunarno, Imam Ghazali, Paisah Rizal, dan puluhan jemaah lainnya. ‘’Minimal 1 juz kita baca setiap malam, terkadang lebih. Jika jemaahnya banyak bisa mencapai 3 juz, tapi kalau jemaah tadarusannya sedikit karena kendala hujan dan kepentingan lain, maka minimal 1 juz kita baca,’’ ujar Ropingan.

Melalui Tadarusan, selain kaum muslim dapat belajar dan memperdalam tajwid, juga sebagai penyambung tali silaturahmi di antara mereka. ‘’Para jemaah tadarusan ini semua kalangan. Mulai yang sudah bisa lancar membaca Al Quran hingga yang masih belajar atau belum lancar membaca,’’ tambah H. Sunarno.

Laporan/Posting        : Imam Ghazali