Jemaah Masjid Al Ghazali Unsri Rutin Latihan Barzanji

0
198

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sudah menjadi kebiasaan para jemaah Masjid Al Ghazali Unsri untuk latihan Al Barzanji pada setiap malam Minggu akhir bulan. Hal itu terlihat Sabtu malam (24/2), ba’da Isyak, tidak kurang 17 jemaah masjid yang berlokasi di Jalan Srijaya Negara tersebut latihan Barzanji.

Dibuka oleh Imam Ghazali, para jemaah pun mulai membaca Al Barzanji dilanjutkan dengan lagu bernuansa agama memuji kebesaran Allah SWT dan Nabinya Muhammad SAW dipimpin Ropingan.

Pembacaan Barzanji sendiri dilakukan para remaja yakni Rendi, Dimas, Rico, dan Abed. Kemudian seluruh jemaah menyanyikan lagu Marhaban ya nuurul aiiini….. tanpa menggunakan tetabuhan rebana sebagaimana latihan pada bulan sebelumnya.
‘’Lagu pada malam ini sengaja kita lakukan tanpa terbangan sebagaimana bulan lalu. Jadi kita ingin generasi muda harus bisa membaca Barzanji baik menggunakan alat tetabuhan maupun tidak,’’ ujar Ropingan.

Latihan ini dilaksanakan sebagaimana jadwal yang telah disusun oleh Ketua Masjid Al Ghazali Unsri Prof. Imron. ‘’Seluruh jemaah masjid boleh ikut latihan tanpa terkecuali demi melestarikan budaya Islam saat melakukan aqiqah atau cukuran,’’ tegas Imron.
Sekitar pukul 21.00 WIB latihan selesai. Para jemaah pun berdiskusi tentang Barzanji sambil menikmati minum dan makanan ringan yang dibawa salah satu jemaah.

Laporan/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article