Jemaah Masjid Al Ghazali Unsri Khataman

0
150

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Di malam keempat belas Ramadhan, jemaah Masjid Al Ghazali menyelesaikan khataman Al Quran. Tampak belasan jemaah secara bergantian melafazkan ayat-ayat pendek tanda selesainya membaca Al Quran ini, Selasa malam (29/5).

Dengan dimotori oleh Ropingan, H. Sunarno, Imam Ghazali, Indra, Faisah Rizal, Andik, Jemi, Abdullah, dan jemaah lainnya tampak para jemaah semangat membaca surat-surat pendek tanda khataman. ‘’Dengan selesainya khataman, maka besok malam akan kita mulai membaca lagi dari awal atau Juz 1. Kita ingin memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan lantunan ayat-ayat Allah SWT di Masjid Al Ghazali Unsri setiap malam seusai Shalat Taraweh,’’ ujar H. Sunarno.

Khataman tersebut merupakan rangkaian Tadarusan yang terus dilakukan oleh para jemaah masjid sebagaimana imbauan Ketua Masjid Prof. Imron Zardi. ‘’Biasanya, dalam setiap Ramadhan kita khataman Al Quran minimal 2 kali. Insya Allah pada Ramadhan kali ini pun kita akan melakukannya, syukur-syukur bisa meningkat  lagi dari tahun sebelumnya,’’ cetus Ropingan.

Usai doa khataman yang dipimpin Ropingan, maka jemaah pun menikmati santapan khusus khataman berupa nasi berlauk sate yang disiapkan secara khusus oleh pengurus masjid. ‘’Alhamdulillah, sampe jugo kito khataman. Kito khataman lagi bae biar banyak pahalonyo dan biso makan samo-samo lagi cak malem ini,’’ ujar Faisah Rizal, bergurau di antara sesama jemaah.

Sementara itu, di tempat berbeda, Ketua Masjid Prof. Imron Zahri minta agar para jemaah terus melakukan tadarusan hingga malam terakhir Ramadhan. ‘’Kepada para jemaah lainnya ataupun musafir silakan ikut tadarusan guna menggapai pahala sebanyak-banyaknya di Bulan Suci Ramadhan ini,’’ tandasnya.

Laporan/Posting : Imam Ghazali