Jeleknya Jalan di Kayuagung, Truk Terjebak Lumpur Macetkan Lalulintas

0
274
Teks foto: Truck yang terjebak di kuku Jembatan Kayuagung hingga menyebabkan kemacetan. (foto: ali)

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Sebuah mobil jenis truk bermuatan material dengan Nomor Polisi (Nopol) BA 9791 MU terjebak di kuku Jembatan Kayuagung di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kota Kayuagung. Terjebaknya mobil truck tersebut diduga disebabkan jalan beraspal pada kuku Jembatan Kayuagung rusak parah seperti kubangan Kerbau di tengah sawah, Selasa (2/1/2018). Akibat lalulintas pun mengalami  kemacetan.

Berdasarkan keterangan warga sekitar bernama Amin (55), jalan di dalam Kota Kayuagung sejak giatnya pembangunan Jalan Tol dan banyaknya penambang pasir liar membuat jalan rusak parah. Ditambah curah hujan yang cukup tinggi serta banyaknya mobil yang melintas melebihi tonase.

‘’Setiap harinya saja hampir ratusan mobil pengangkut barang maupun bahan material dengan muatan yang diduga melebihi tonase melewati jalan dan jembatan Kayuagung yang dibangun sejak tahun 1993 lalu. Akibatnya, jalan rusak ditambah lagi curah hujan yang cukup tinggi. Kerusakan jalan tersebut hingga kini belum ada perbaikan yang berarti, memang ada perbaikan jalan yang dilakukan oleh pihak PT. Waskita namun tidak menyeluruh, beberapa hari kemudian jalan yang diperbaiki rusak kembali bahkan lebih parah dari sebelumnya. Lihat saja sendiri, di kota saja jalan begini,’’ jelas Amin sambil menunjuk jalan yang rusak parah.

Harapan selaku masyarakat, kiranya Pemerintah Daerah OKI terutama pihak PT. Waskita dapat segera memperbaiki jalan yang rusak, sehingga jalanan tidak macet dan perekonomian masyarakat dapat meningkat terutama kenyamanan bagi para pengendara baik pengendara roda dua (R2) maupun pengendara roda empat (R4).

Hal senada dikatakan Karim (41) warga setempat, sebelum ada giat pembangunan jalan Tol. Jalan masih nyaman dan aman untuk dilewati, sejak rusaknya beberapa titik jalan seperti di Jalan Sepucuk antara Kelurahan Kutaraya dengan Kelurahan Kedaton Kecamatan Kota Kayuagung, sepertinya kurang nyaman. Jalan tampak berlumpur bercampur batu dan kerikil tajam sehingga untuk keamanan kita jadi terancam. Sebab bisa mengakibatkan kecelakaan. ‘’Di situ saja setahu saya sudah terjadi 6 kali kecelakaan disebabkan jalan yang dilewati penuh lobang bercampur tanah dan air seperti kubangan  kerbau,’’ cetusnya.
Dari pantauan Wartawan Sumateranews.co.id di lapangan. Jalan di dalam wilayah Kecamatan Kota Kayuagung memang terlihat hampir semua berlubang, baik jalan yang menjadi tanggungjawab pihak Kabupaten maupun jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi. Bahkan  jalan yang berlubang ada yang kedalamannya bisa mencapai 50 cm. Selain itu trotoar jalan mulai trotoar jembatan Kayuagung hingga trotoar dan siring di arah Sepucuk Kayuagung rusak parah. Akibat dari terjebaknya truk pengangkut bahan material tersebut, jalan macet hingga ratusan meter dan menunggu hingga truk keluar dari jalan yang berlumpur.

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali